Penumpang Satu Kali Vaksin Covid-19 Kembali Diperbolehkan Menaiki Transportasi Udara

KBRN, Padang : Penumpang yang masih satu kali menjalani vaksinasi Covid-19 telah diperbolehkan kembali menaiki transportasi udara sejak kemarin. Hal tersebut menyusul telah berakhirnya aturan perjalanan selama masa libur Natal dan Tahun Baru.

Eksekutif General Manager Bandara Internasional Minangkabau (BIM) Siswanto mengatakan, aturan perjalanan udara melalui pesawat terbang telah kembali normal.

"Dengan sendirinya aturan lama kembali kita terapkan. Sebab aturan Nataru hanya ditetapkan pada 17 Desember hingga 4 Januari 2022 kemarin," katanya saat dihubungi RRI di Padang, Kamis (6/1/2022).

Siswanto menyampaikan, kini penumpang yang telah dua kali divaksin Covid-19 atau lengkap, hanya perlu menambahkan surat keterangan negatif Covid-19 melalui pemeriksaan Antigen. Sementara itu, bagi penumpang yang baru satu kali divaksin, harus melakukan PCR Swab. Begitu juga dengan penumpang yang komorbid sehingga tidak bisa divaksin juga telah diperkenankan menaiki transportasi udara. Namun dengan syarat tetap membawa surat yang menyatakan tidak dapat divaksinasi Covid-19.

"Wajib juga memiliki aplikasi pedulilindungi," ujarnya.

Eksekutif General Manager BIM Siswanto menambahkan, hingga saat ini pergerakan penumpang masih terbilang tinggi. Rata-rata penumpang mencapai 4 ribuan lebih dalam sehari. Jumlah itu jauh meningkat dibandingkan penumpang di hari biasa saat pandemi yang rata-rata hanya mencapai 3 ribuan.

Siswanto mengingatkan, agar penumpang tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan Covid-19 baik saat di bandara, di dalam pesawat, hingga sampai ke bandara tujuan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar