PPKM Level III Dibatalkan, BIM Berharap Ada Kenaikan Penumpang

KBRN, Padang : Pemerintah pusat batal menerapkan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level III di seluruh wilayah Indonesia pada musim libur Natal dan Tahun Baru (Nataru). Dengan kondisi tersebut, diharapkan adanya kenaikan jumlah penumpang di Bandara Internasional Minangkabau (BIM).

Executive General Manager PT Angkasa Pura II BIM, Siswanto mengatakan, dengan dibatalkannya penerapan PPKM Level III pada seluruh daerah di Indonesia, aturan penerbangan disesuaikan dengan status PPKM daerah itu. Saat ini Bandara Internasional Minangkabau yang berada di Kabupaten Padang Pariaman berada pada status PPKM Level II.

"Kita harapkan status PPKM Level II masih dapat dipertahankan, sehingga masih bisa menerapkan kebijakan saat ini," katanya ketika dihubungi RRI di Padang, Selasa (7/12/2021).

Siswanto mengatakan, hingga saat ini aturan penerbangan masih sama dengan sebelumnya yakni penumpang wajib telah divaksinasi Covid-19. Bagi penumpang yang telah dua kali divaksin Covid-19 atau lengkap, hanya perlu menambahkan surat keterangan negatif Covid-19 melalui pemeriksaan Antigen. Sementara itu, bagi penumpang yang baru satu kali divaksin, harus melakukan PCR Swab.

"Belum ada perubahan mekanisme penerbangan," ujarnya.

Executive General Manager PT Angkasa Pura II BIM, Siswanto menambahkan, kini BIM melayani 35 sampai 38 penerbangan dalam satu hari dengan jumlah penumpang mencapai 3.800 hingga 4 ribuan. Diharapkan dengan adanya pembatalan level III, terjadi kenaikan penumpang pada libur Nataru mencapai lima hingga sepuluh persen. Peluang itu, diambil dari masyarakat umum yang tidak berasal dari ASN maupun pegawai BUMN yang melakukan perjalanan libur akhir tahun.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar