Pendampingan Terhadap Kaum Disabilitas

KBRN, Padang : Selaku kelompok minoritas, kaum disabilitas membutuhkan ruang untuk mereka bisa tumbuh dan menjalankan kehidupan selayaknya. Mereka harusnya tetap mendapatkan pendampingan yang optimal dari pemerintah dan instansi terkait lainnya.  Namun dalam realitanya, upaya pendampingan terkendala  keadaan yang menyebabkan hak-hak disabilitas terabaikan selama pandemi.

Dalam perbincangannya dengan RRI, Jumat, (3/12/2021),  Ketua PPDI Kota Padang, Icun Zulhadi menuturkan, dalam situasi sekarang ini mereka tetap butuh perhatian  untuk bertahan hidup.

"Pembinaan mestinya dilakukan secara berjenjang karena tidak sedikit  kaum disabilitas di Kota Padang yang bergantung kehidupan dari kegiatan pembinaan  tersebut," ujarnya.

Selama pandemi Covid19,  kaum disabiltas kehilangan pijakan.  Mereka kehilangan mata pencarian dari kegiatan produktif yang digeluti sebelumnya. Menyikapi kondisi tersebut, dari pihak organisasi  dituntut untuk tidka berdiam diri. Icun menjelaskan,  perlu penggalangan donasi untuk keberlanjutan  pembinaan yang idealnya tetap dilakukan dalam kondisi apa pun. Pendampingan  terus dilakukan agar mereka yang tetap mendapatkan perhatian, setidaknya untuk bisa bertahan hidup.

Ketua PPDI Kota Padang Icun Zulhadi berharap adanya pemikiran pemerintah memikirkan kelanjutan nasib disabilitas setelah sekian tahun tergerus pandemi yang pada umumnya tidak memberi ruang gerak disabilitas untuk berproduksi, mendapatkan penghasilan untuk kehidupan yang layak.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar