Pasar Bawah Bukittinggi, 300 Kios Ludes

300 kios di Pasar Bawah, Kota Bukittinggi ludes terbakar Sabtu (11/9/2021) dini hari. Kapolres Bukittinggi, AKBP Dody Prawiranegara mengungkapkan, kebakaran diketahui petugas ronda pada pukul 02.30 WIB. Api yang pertama kali terlihat berasal dari kedai penjual gula anau kemudian menyebar ke kios lainnya.

“Saksi melihat ada api di dalam kedai jualan saka anau. Selanjutnya saksi langsung menghubungi rekan-rekan lainnya, berusaha memadamkan api. Kemudian menghubungi Damkar Kota Bukittinggi, berselang beberapa waktu datang pemadam,” ucap AKBP Dody pada RRI melalui saluran telepon, Sabtu (11/9/2021).

Dody mengungkapkan, upaya pemadaman dilakukan 20 unit mobil pemadam. Tidak saja dari Damkar Bukittinggi, melainkan juga dari kabupaten/kota tetangga.

“Rincinya Damkar Kota Bukittinggi sebanyak 8 unit, Mobil Damkar Agam sebanyak 3 unit, Damkar Kota Padang Panjang sebnyak 2 unit, Damkar Padang Pariaman sebanyak 2 unit. Kemudian Damkar 50 Kota, Kota Payakumbuh, Kota Pariaman, Kota Solok, Tanah Datar masing-masing 1 unit,” bebernya.

Dody menjelaskan, api dapat dipadamkan sekira pukul 04.30 WIB. Dari kejadian itu, kerugian ditaksir mencapai Rp 2 miliar, meliputi kerugian fisik bangunan dan barang dagangan para pedagang yang ludes terbakar. Beruntungnya dalam insiden itu tidak ada korban jiwa.

“Adapun bangunan yang terbakar sebanyak 300 kios. Terdiri dari 70 lapak penjual ikan dan telur, lalu 100 kios pedagang beras dan sembako, kemudian 100 kios pedagang ayam, dan 30 kios pedagang bumbu,” rincinya.

Dody mengatakan, anggota Sat Reskrim Polres Bukittinggi bersama Inafis  masih melakukan penyelidikan tentang asal usul api yang membakar Pasar Bawah dimaksud.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar