Sumbangsih Apeksi Terhadap Sektor Jasa Perhotelan

KBRN, Padang : Sekjen Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia – PHRI,  Maulana Yusran mengapresiasi penyelenggaraan Rakernas Apeksi 2022 yang mengalirkan dampak nyata  bagi  pertumbuhan pariwisata daerah, khususnya  sektor jasa perhotelan.

Dari sektor jasa pariwisata  sendiri jelas Maulana  sudah lama berkolaborasi dengan pemerintah untuk penyelenggaraan ajang atau kegiatan yang merangkul berbagai kepentingan, salah satunya Rakernas apeksi ke-15 yang menempatkan Kota Padang selaku tuan rumah penyelenggaraan event berskala nasional.

Dari sisi bisnis jelas Maulana Yusran, Rakernas Apeksi bagian dari upaya untuk memulihkan pariwisata dan ekonomi Sumatera Barat yang lama terimbas pandemi Covid19.

" Transaksi ekonomi menggeliat dengan adanya  kunjungan  orang dalam jumlah banyak ke daerah. Rupiah bergulir melalui pemanfaatan ruang pariwisata  yang salah satunya adalah  sektor jasa perhotelann dan restoran-restoran yang ada di daerah," ujarnya kepada RRI, Selasa, (9/8/2022).

Hal senada diungkapkan pengelola salah satu hotel bintang empat di Kota Padang, Soedjoko. Menurutnya, kolaborasi antara pemerintah dan pelaku jasa pariwisata mutlak dilakukan  agar bisa menggandeng event-event nasional masuk ke daerah.

" Bagaimana pemerintah dan stakeholder  terkait mampu meyakinkan orang dari luar nyaman menyelenggarakan berbagai event berskala nasional dan internasional di Sumatera Barat khususnya Kota Padang," ujarnya.

Dengan cara itu diharapkan, upaya pemulihan ekonomi dan pariwisata daerah tidka semata ditumpukan pada satu pihak karena masing-masing pihak harus bersinergi untuk kolaborasi yang utuh dan menyeluruh.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar