MAK ITAM KEMBALI BEROPERASI

Kereta Uap Mak Itam (foto : sawahluntomuseum)

KBRN, Padang: Dengan menggandeng 3 BUMN lainnya PT. Kereta Api Indonesia, melakukan kick off perbaikan sarana prasarana kereta Api Sawahlunto – Muara Kalaban. Proses perbaikan tersebut dicanangkan akan rampung dalam 6 bulan kedepan. Diharapkan dapat beroperasi kembali pada Januari 2023 mendatang. 

Direktur utama PT. KAI, Didiek Hartantyo mengatakan, hal ini dilakukan untuk mendukung inisiatif masyarakat Sumatera Barat, yang pernah dibawa oleh beberapa kepala daerah yang ada di Sumatera Barat, agar Kereta Api Mak Itam di Sawahlunto dapat kembali beroperasi, dengan tujuan untuk mendukung pariwisata di Kota Sawahlunto yang berimbas kepada peningkatan kunjungan wisatawan ke Sumatera Barat. 

“Sebelumnya saya sudah bertemu dengan Walikota Sawahlunto dan melihat secara langsung, bagaimana mewujudkan aspirasi ini untuk membangkitkan pariwisata di Sawahlunto khususnya dan Sumatera Barat pada umumnya,” jelas Didiek.

Lebih lanjut Didiek menjelaskan, untuk menyelesaikan sarana yang dibutuhkan, PT. KAI telah memulainya sejak satu bulan yang lalu, sementara itu untuk Prasarana akan diselesaikan oleh PT. KPM yaitu anak perusahaan dari PT. KAI. Didiek berharap, proses kick off ini dapat berjalan lancar sesuai rencana, sehingga dapat dimanfaatkan mula Januari 2023 mendatang.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar