Dispar Kota Padang Dukung Penguatan Pariwisata di Kecamatan Padang Selatan

KBRN, Padang : Kabid Ekonomi Kreatif Andi Amir mengatakan, Dinas Pariwisata Kota Padang mendukung penguatan pariwisata dan sektor ekonomi kreatif menjadi sektor andalan di Kecamatan Padang Selatan.

Menurut Andi yang juga pernah menjabat sebagai Lurah di kecamatan tersebut, Padang Selatan memiliki potensi wisata yang sangat lengkap, mulai dari wisata alam, kuliner, budaya, hingga kesenian di tambah dengan bermacam hasil produk ekonomi kreatif.

"Padang Selatan merupakan primadona wisata kota Padang, mereka punya segala unsur yang dibutuhkan untuk menjadi destinasi wisata favorit," ujar Andi, Rabu (26/1/2022).

Andi mencontohkan, siapa yang tidak kenal dengan Pantai Air Manis dengan legenda Malin Kundangnya, atau Gunung Padang dengan legenda Siti Nurbaya. Belum lagi destinasi wisata yang saat ini sedang berkembang pesat yakni Kelurahan Bukit Gado-Gado yang menjadi destinasi favorit untuk berolahraga seperti bersepeda dan jalan santai.

Selain itu lanjut Andi, Kecamatan Padang Selatan yang termasuk Kawasan Wisata Terpadu (KWT), juga memiliki potensi ekonomi kreatif yang siap dikembangkan untuk meningkatkan taraf kesejahteraan masyarakat.

"Sektor ekonomi kreatif merupakan sumber pembangunan inklusif yang mampu mendukung dan memperkuat identitas budaya, ekosistem kreatif, dan inovatif untuk menciptakan produk kreatif baru," katanya.

Kecamatan Padang Selatan yang masuk sebagai salah satu KWT Gunung Padang merupakan aset penting bagi pengembangan kepariwisataan dan ekonomi kreatif yang dapat saling melengkapi satu sama lain.

Dinas Pariwisata Kota Padang terus konsisten mendukung dan memfasilitasi Pokdarwis dan para pelaku ekonomi kreatif melalui berbagai program dan kegiatan, seperti pelatihan peningkatan SDM, Studi Tiru, Pengembangan Destinasi Wisata dan Pemberian Bantuan untuk pelaku ekraf.

"Dinas Pariwisata tidak membantu memberi pelatihan dasar seperti menjahit, membuat kue atau lainnya, tapi membantu mengembangkan potensi yang sudah ada dengan inovasi-inovasi sehingga suatu produk yang awalnya biasa menjadi sesuatu yang lebih menarik dan memiliki nilai jual lebih," katanya. 

Sumber InfoPublik.id

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar