10 Festival di Sumbar Diusulkan Masuk Kharisma Event Nusantara

Danau Kembar Kabupaten Solok.jpg

KBRN, Padang: Sepuluh festival pariwisata di Sumatera Barat (Sumbar) telah diusulkan pada Kementerian Pariwisata untuk masuk dalam program Kharisma Event Nusantara (KEN) tahun 2022.

Kepala Dinas Pariwisata Sumbar, Novrial mengatakan, pengusulan dimaksud berdasar hasil rapat tim kurator penetapan event daerah pada akhir tahun lalu. Sepuluh festival yang selalu ramai didatangi masyarakat yang dipilih yakni, Festival Lima Danau di Kabupaten Solok. Kemudian Festival Pesona Minangkabau di Kabupaten Tanah Datar, Sawahlunto International Songket Silungkang Kota Sawahlunto. Selanjutnya, Festival Lansek Manih Kabupaten Sijunjung, Festival Saribu Rumah Gadang Kabupaten Solok Selatan, Baralek Gadang dan Solok Creatif Art Fest di Kota Solok, Padang Panjang Art Fest 2 di Kota Padang Panjang, Pasar Harau Art & Culture Festival di Kabupaten Limapuluh Kota. Ada juga Pesta Budaya Tabuik Piaman dan Ekspo di Kota Pariaman, Festival Danau Maninjau Kabupaten Agam.

“Kita tinggal menunggu keputusan dari Kementerian Pariwisata, festival apa saja yang dipilih masuk dalam KEN,” ucap Novrial pada RRI di Padang, Kamis (20/01/2022).

Novrial menjelaskan, festival budaya dan seni di daerah yang nantinya diakomodir masuk dalam KEN akan mendapat fasilitas Kementerian Pariwisata. Diharapkan, sebagian besar yang diusulkan dari Sumbar bisa disetujui.

Novrial berharap, ke depan, daerah yang terpilih masuk dalam KEN harus benar-benar mengemas kegiatannya dengan apik, sehingga benar-benar menjadi magnet bagi wisatawan untuk datang ke Sumbar. Muaranya, kegiatan itu membawa aliran rejeki ke masyarakat di daerah.

“Kalau masuk dalam KEN, pemerintah daerah harus serius memanfaatkan itu. Harus ikut mempromosikan secara masif, mengemas kegiatannya semenarik mungkin, suapaya wisatawan asing atau domestik benar-benar datang secara khusus untuk menyaksikan kegiatan itu,” pintanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar