Komitmen PHRI Bangkitkan Geliat Pariwisata Sumatera Barat

 

KBRN, Padang : Dalam waktu dekat, Perhimpunan Hotel Restoran  Indonesia – PHRI Sumatera Barat melalui Rakenas ke-2  menggandeng  dan mendatangkan  tamu  atau wisatawan   dari berbagai daerah di Indonesia.  Hal tersebut diharapkan berimbas nyata  terhadap geliat pariwisata daerah yang ditandai pergerakan kunjungan wisatawan ke berbagai destinasi, geliat UMKM dan  tumbuh kembang sektor lainnya.

Dalam perbincangannya dengan RRI, Rabu, (19/01/2022),  Ketua PHRI Sumatera Barat, Rina Pangeran menyatakan, dari pihaknya sudah berkoordinasi dengan Astindo atau biro perjalanan wisata  lainnya untuk menyediakan paket- paket wisata menarik. Melalui perjalanan wisata ke berbagai destinasi di daerah,  tamu atau wisatawan mengetahui secara langsung  potensi alam Sumatera Barat yang sekaligus menjadi ajang promosi strategis untuk merangkul minat kunjung  wisatawan ke daerah ini. Hal yang menurut Rina juga  tidak kalah penting adalah upaya menghidupkan kembali geliat UMKM di masa pandemi.

" Kedatangan tamu atau wisatawan  dapat menjadi semacam peluang untuk dunia usaha  bangkit dan pulih dari gerus pandemi.  Pada umumnya tamu  yang berkunjung ke Sumatera Barat, pulangnya akan  berburu  oleh-oleh  yang menggambarkan  keunikan atau  kekhasan  daerah yang dikunjungi," paparnya kepada RRI.

Rina Pangeran menjelaskan, ada sekitar 300 hingga 400 peserta yang hadir pada ajang lima tahunan yang diselenggarakan pada salah satu hotel berbintang di Kota Padang itu. Penyelenggaraan kegiatan berlangsung selama dua hari,  dari tanggal  8 hingga 9 Februari 2022  dengan agenda utama  mengacu pada langkah  pemulihan untuk  percepatan pembangunan pariwisata daerah yang hingga kini masih   menuntut dunia usaha atau industri pariwisata lainnya   tetap patuh pada penerapan protokol kesehatan.

Bagaimana jelas Rina  menciptakan suasana berwisata yang kondusif di masa pandemi. Tamu atau pun wisatawan tetap memperoleh rasa aman  dan nyaman saat berada di Sumatera Barat dan hal itu harus diimbangi pula  dengan penerapan layanan wisata  yang memperhatikan  berbagai aspek sebagai bagian penting dalam upaya  peningkatan  kualitas dan citra pariwisata daerah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar