DESTINASI ALAHAN PANJANG , GENJOT KUNJUNGAN WISATAWAN KE SUMBAR

KBRN, Padang : Destinasi wisata Danau di Atas dan Dibawah yang berada di Alahan Panjang Kabupaten Solok merupakan salah satu upaya untuk mendongkrak piningkatan kunjungan wisatawan ke Sumatera Barat pada umumnya dan Kabupaten Solok khususnya.

Selain berdampak terhadap kunjungan wisatawan, destinasi wisata di kawasan alahan panjang tersebut  juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat.

Kepala Dinas  Pariwisata dan KebudayaanKabupaten Solok Nasripul Romika mengatakan, Kabupaten Solok memiliki tiga jenis udaranya, yakni panas, sedang dan dingin. Udara panas di kawasan danau singkarak, udara sedang di kawasan pusat pemerintahan dan dingin dikawasan danau diatas dan dibawah alahan panjang.

Nasripul Romika menjelaskan, khusus di kawasan alahan panjang ini merupakan destinasi pariwisata penunjang sebagai daya tarik wisata unggulan bagian selatannya Kota Solok. Selain itu juga sebagai wisata unggulan Sumatera Barat.

“Memang kita pemerintah Kabupaten Solok kawasan danau diatas dan dibawah yang berada di alahan panjang resort ini sebagai pusat daya wisata unggulan Kabupaten Solok, bahkan wisata unggulan Provinsi Sumatera Barat,”ujar Nasripul Romika, Selasa (18/01/2022).

Lebih lanjut Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Solok Nasripul Romika menjelaskan, dijadikannya kawasan Alahan Panjang Resort dan sekitarnya sebagai destinasi wisata unggulan di Sumatera Barat, sangat berdampak terhadap peningkatan taraf perekonomian masyarakat setempat.

Untuk itu pihaknya akan fokus pada perbaikan aksesbiitas dan menyiapkan amenitas pariwisata, seperti homestay, kios kios kuliner, fasilitas ibadah, sentra informasi dan atraksinya.

“Ini sangat besar sekali dampaknya, jikawisatawan datang berkunjung ke sini, otomatis mereka akan menginap, makan dan berbelanja, sudah pasti terjadi transaksi jual beli dan ini akan berujung peningkatan ekonomi masyarakat,”tutupnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar