Asa di Masa Pemulihan

KBRN, Padang : Jelang penghujung tahun,  aktifitas masyarakat mulai berangsur normal. hotel  atau resort pun dilirik pengunjung untuk berbagai keperluan diantaranya kegiatan perkantoran  dan agenda  refresing bersama keluarga yang sudah terencana sebelumnya. Dalam perbincangannya dengan RRI,  GM Parkside Nuansa Maninjau Resort, Heri Denai mengatakan hunian hotel dan resort  mulai menggeliat,  mendekati momen keramaian di penghujung tahun.

Kondisi ini jelas Heri Denai harusnya dapat dipertahankan  sehingga harapan  praktisi pariwisata di daerah yang lama menanti datangnya perubahan dalam bentuk pemulihan situasi  dapat  segera direalisaikan. Untuk seterusnya,  hunian hotel dapat ditingkatkan, pengelola atau pelaku jasa pariwisata mendapatkan kesempatan untuk bisa  menata kembali  usaha pariwisata  yang sekian lama tergerus Corona.

Harapan untuk industri pariwisata di daerah bisa mendapatkan pencapaian yang lebih baik mestinya juga dibarengi kreasi dan inovasi dari pelaku usaha.  Pelaku jasa pariwisata harus pula mampu berkolaborasi menciptakan ragam inovasi yang mampu menggelitik minat wisatawan berkunjung ke suatu daerah.

Bermacam strategi yang bisa dilakukan dan hal yang tidak kalah penting tetap memprioritaskan protokol kesehatan untuk jaminan kenyamanan pengunjung dalam situasi pemulihan ini.

Pemulihan situasi yang memberikan kesempatan dunia usaha menata pendapatan menurut Heri Denai harusnya juga dibarengi upaya pemerintah daerah yang memberikan semacam kemudahan untuk akses kunjungan ke berbagai daerah. Persoalan pajak diakui Heri masih menjadi dilema sehingga kecil kemungkinan hotel atau resort mampu merangkul event – event luar daerah. Pajak yang dikeluarkan sejauh ini masih menjadi beban yang secara tidak langsung menghambat pemasukan wisata  ke berbagai daerah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar