Sumbar Canangkan Pariwisata Bersih Sambut Wisatawan Usai Pandemi

Pariwisata Sumatera Barat.jpg

KBRN, Padang: Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) mencanangkan pariwisata bersih untuk destinasi unggulan sebagai persiapan menyambut bergeliatnya kembali sektor pariwisata ketika pandemi Covid-19 mulai mereda.

Wakil Gubernur Sumbar, Audy Joinaldy menegaskan, pelayanan ramah dan kebersihan menjadi faktor penting yang membuat wisatawan betah berkunjung. Namun sayang hal itu masih kurang diterapkan pada destinasi wisata unggulan di Sumbar.

Untuk itu, dalam rapat koordinasi pariwisata seluruh kabupaten/kota, Kamis (21/10/2021), Audy Joinaldy meminta seluruh kabupaten/kota menghadirkan dua unsur terpenting itu pada destinasi unggulan Sumbar. Supaya, ketika pandemi mereda, kunjungan wisata kembali menggeliat, dan wisatawan betah, sehingga ikut menyumbang pendapatan asli daerah. “Sudah ada komitmen, 19 destinasi unggulan di Sumatera Barat juga mulai melaksanakan program bersih untuk tiga hal yaitu mushalla, objek wisata dan rumah makan,” ucap Audy.

Audy menyebut saat ini adalah momentum yang tepat untuk kembali menyiapkan pariwisata. Sebab pariwisata nasional mulai menggeliat, misalnya di Bali dan Lombok. Audy juga meminta agar dalam persiapan membuka sektor pariwisata, protokol kesehatan harus tetap menjadi kewajiban dalam setiap kegiatan di lokasi wisata. Hal itu merupakan adaptasi kebiasaan baru sekaligus menutup celah penularan Covid-19 kembali.

“Kalau protokol kesehatan itu tetap wajib. Semua pelaku dan pengunjung wisata harus menerapkannya,” pintanya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00