Pemkab Pasbar, Saat Ini Sedang Mengusulkan 21 Titik Warisan Geologi ke Pusat

KBRN, Padang : Saat ini, 9 Geosite atau warisan geologi Pasaman Barat sudah diakui oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia. Berdasarkan surat keputusan menteri ESDM tersebut, sebanyak 38 situs Warisan Geologi di Provinsi Sumatera Barat ada 9 titik berada di Kabupaten Pasbar, diantaranya Bukit Karang Putih di Nagari Pinaga Aua Kuniang Kecamatan Pasaman, Kompleks Telaga Gunung Talamau di Nagari Pinaga Aua Kuniang Kecamatan Pasaman, Lava Gunung Talamau di Nagari Lubuak Landua Aua Kuniang Kecamatan Pasaman, Batu Lipek Kain Kinali di Nagari Sigunanti Kecamatan Kinali. Demikian disampaikan Kepala Dinas Pariwisata Pasaman Barat Decky Harmiko Sahputra kepada RRI (Kamis, 14/10/2021) siang.

Decky menyebutkan saat ini ada 21 titik lagi warisan geologi Pasaman Barat yang akan diajukan oleh pemerintah daerah untuk dapat dijadikan sebagai warisan geologi nasional. Sebab, warisan geologi tersebut bertujuan untuk melindungi dan melestarikan nilai geoheritage sebagai rekaman sejarah geologi yang pernah atau sedang terjadi, sebagai objek penelitian, pendidikan kebumian, dan geowisata.

“ Kita yang diakui masih 9. Maka untuk mendapatkan SK Geopark Nasional kita musti lulus 21 titik lagi. Saat ini kita lagi mengusulkannya, mudah-mudahan diakui orang pusat,” ucapnya.

Kepala Dinas Pariwisata Pasaman Barat Decky Harmiko Sahputra menambahkan Gubernur Sumatera Barat telah mengeluarkan Keputusan bahwa Geopark Talamau merupakan salah satu dari 19 daya tarik wisata unggulan Sumatera Barat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00