Dinas Pariwisata Padang Komitmen Wujudkan Kawasan Wisata Aman untuk Pengunjung

KBRN, Padang : Keamanan dan keselamatan wisatawan merupakan faktor utama bagi suatu kawasan (objek) wisata yang harus diperhatikan bagi pengelola kawasan tersebut.

Mewujudkan hal tersebut, Dinas Pariwisata Kota Padang memberikan Pelatihan Keamanan dan Keselamatan di Destinasi Wisata/Daya Tarik Wisata, untuk kelompok sadar wisata (Pokdarwis) dan pengelola objek wisata di Kota Padang.

Pelaksana tugas Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Raju. M Chaniago, mengatakan sektor pariwisata merupakan sektor primadona dalam menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Padang. Upaya menarik dan meningkatkan angka kunjungan harus terus dilakukan, salah satunya meningkatkan rasa aman pengunjung selama berada di objek wisata tersebut.

"Melalui pelatihan ini, kita ingin meningkatkan pengetahuan, motivasi dan kemampuan pengelola pariwisata dalam menerapkan keamanan dan keselamatan di objek wisata tersebut," ujarnýa, Selasa (12/10/2021).

Menurutnya, guna mengurangi/menekan resiko kecelakaan (bencana) bagi pengunjung selama berada di lokasi (objek) wisata tersebut.Selain itu, setelah pelatihan para anggota Pokdarwis maupun pengelola objek dapat mengantisipasi risiko kecelakaan maupun mengambil tindakan secara tepat dan cepat jika terjadi kecelakaan (bencana) di tempatnya.

"Saat ini, kita juga sedang memetakan objek-objek wisata yang memiliki resiko bencana terutama objek wisata alam, seperti pantai, air terjun maupun lokasi pemandian," katanya.

Nantinya, di objek wisata yang berisiko tersebut akan dipasang papan pengumuman agar pengunjung tahu, sehingga dapat mengurangi risiko terjadinya bencana.

"Sebagai contoh, kita sudah memasang tanda dilarang berenang di beberapa titik di objek wisata Pantai Padang, karena sudah beberapa kali terjadi kecelakaan akibat terseret ombak," ujarnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00