5 POTENSI DESA APAR, WISATA UNGGULAN PARIAMAN

KBRN, Padang : Kota Pariaman memiliki segudang potensi khas daerahnya. Selain kuliner yan unik, Kota Pariaman juga kaya dengan desitinasi wisatanya. Salah satunya, Desa Apar di Kecamatan Pariaman Utara Kota Pariaman. Desa Apar, merupakan satu dari banyaknya desa yang memiliki potensi yang wajib dikembangkan.

Kepada RRI Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman, Dwi Marhen siang tadi Desa Apar ini memiliki 5 potensi daerah yang dapat menunjang perkembangan dunia pariwisata di Kota Pariaman. Kelima potensi tersebut yakni, adanya are hutan mangrove , konservasi penyu, sekolah tinggi ilmu baruak, latihan bagi komunitas surving dan kuliner unik.

“Ada 5 potensi daerah di Desa Apar ini, Wisatawan dapat melakukan beragam aktivitas selama berada di Desa Wisata Apar Pariaman, seperti menyaksikan beruk yang sudah terlatih untuk memetik buah kelapa, menjelajahi hutan mangrove, berkunjung ke menara pandang, panorama matahari terbenam (sunset) dan konservasi penyu dan kuliner khas dari olahran buah mangrove,”ujar Marhen, Minggu (03/10/2021).

Lebih lanjut Dwi Marhen menjelaskan, tahun ini Desa Apar merupakan salah satu dari 50 desa wisata terpilih dalam lomba anugrah desa wisata Indonesia 2021. Lomba yang digagas oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif tersebut menjadikan Desa Apar dikenal diseluruh Indonesia. Selain Desa Apar, juga terdapat 3 desa wisata yang ikut alam lomba tersebut yakni Desa Wisata Sungai Batang di Agam, Desa Wisata Kampung Minang, Sumpu, Kabupaten Tanah Datar. Kemudian, Desa Wisata Seribu Gonjong di Limapuluh Kota.

“Memang desa Apar masuk dalam penilaian, baru baru ini Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno langsung datang ke Desa Apar Pariaman,”tambah Marhen.

Untuk pihaknya kedepan, akan menggembangkan potensi potensi yang ada di seluruh Desa di Kota Tabuik ini. Marhen berharap dengan semakin diremajakannya objek wisata unggulan daerah maka akan meningkatkan kunjungan wisata di kota Pariaman ini. Selain itu pihaknya selalu menggiatkan program sambang desinai wisata.

“Program Sambang Destinasi Wisata ini harus kita rutinkan setiap Jumat. Tidak hanya di Desa Apar ini saja tapi juga merambah ke pulau-pulau dan objek wisata lainnya, tuturnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00