Maritim Center, Wisata Edukasi di Pelabuhan Tertua Kota Padang

 

KBRN, Padang : Sebagai  Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang logistik, Pelindo II tidak hanya terfokus pada kepentingan bisnis. Pelindo II Teluk Bayur tidak hentinya mengembangkan inovasi untuk integrasi dan capaian kinerja yang optimal. Penataan demi penataan terus dilakukan di berbagai sektor,  salah satunya dengan membidik kawasan wisata strategis Kota Padang yakni Pelabuhan Muaro Padang.  Di pelabuhan setempat akan dibangun bangunan Maritim Center sebagai wujud partisipasi Pelindo II Teluk Bayur mendukung program kepariwisataan di Sumatera Barat.

Hal itu diungkapkan Humas Pelindo II Teluk Bayur, Ribut Heru Santoso kepada RRI, Senin, (20/09/2021).Menurutnya,   pembangunan gedung Maritim Center  di atas lahan pelabuhan yang bersebelahan dengan kantor Mentawai Fast  adalah  salah satu upaya menarik minat wisatawan berkunjung ke Kota Padang. Bangunan Maritim Center yang kini dalam tahap pra konstruksi  nantinya dapat menjadi wahana edukasi untuk masyarakat atau wisatawan mendapatkan informasi seputar historikal dunia kemaritiman di Sumatera Barat. Melalui wahana edukasi ini, generasi muda termasuk pelajar sekolah dapat dengan mudah mengaakses pengetahuan bidang kemaritiman melalui  beragam informasi yang disajikan dari bangunan yang rencananya dibangun dua atau tiga tingkat di  atas lahan pelabuhan dimaksud.

" Masih dalam proses  untuk mendapatkan perizinan,  meliputi izin pembangunan, izin lingkungan,  penataan lingkungan dan dampak  lalu lintas di sekitarnya. Kesemua itu harus dipenuhi sebagai persyaratan mutlak bagi  Pelindui II Teluk Bayur  melakukan pengambangan dan penataan wajah kawasan pelabuhan," ujar Ribut Heru Santoso.

Pada prinsipnya,  keberadaan bangunan Maritim Center   melengkapi fasilitas Pelabuhan Muaro Padang yang sejarahnya tetap dikenang sepanjang masa. Sembari melakukan perjalanan wisata antar pulau, wisatawan yang singgah sejenak di Pelabuhan Muaro Padang dapat berwisata edukasi, menggali potensi kemariman Sumatera Barat melalui ruang edukasi yang  disiapkan Pelindo II Teluk Bayur.

Hal senada diungkapkan Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Arfian. Bangunan Maritim Centre yang dibangun di pelabuhan tertua Kota Padang itu  akan menjadi wahana wisata edukatif  yang selanjutnya juga  berkontribusi terhadap geliat wisata Kota Padang di masa mendatang.

"Kita menyambut baik rencana Pelindo II Teluk Bayur yang hendak membangun sarana edukasi kemaritiman di Kota Padang, tepatnya di area wisata Muaro Padang. Tentu saja rencana ini sejalan dengan keinginan Pemerintah kota Padang yang sejak lama  berencana membangun wisata Marina di pelabuhan legendaris tersebut," ungkap Arfian.

Berbagai upaya terus dilakukan untuk menggenjot pariwisata daerah, salah satunya melalui koloborasi kegiatan  yang tidak lain wujud peduli anak negeri dalam mengangkat citra pariwisata yang lesu tergerus pandemi selama dua tahun terakhir ini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00