Keberagaman Satu Bangsa Dalam Bingkai NKRI

KBRN, Padang : Banyak manfaat yang dapat didapatkan dari toleransi antar umat beragama. Akan tetapi dalam penerapannya, diharapkan tidak mengganggu kepentingan dan menyinggung perasaan umat agama lain.

Ketua Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kota Padang Salmadanis mengatakan, toleransi bagi umat beragama sangat perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, untuk menghindari persinggungan atau gesekan dengan agama lain.

Samadanis mengatakan toleransi tidak serta merta harus diterapkan dalam persolan agama saja, menurutnya di era milenial ini toleransi dalam kehidupan sehari-haripun sudah sangat jarang diterapkan. Berbagai karakter, sifat dan perbedaan dari segi sudut pandang, prinsip, sampai latar belakang, saat ini dengan sangat mudah menjadi bahan perpecahan.

Untuk itu, Salmadanis meminta seluruh masyarakat untuk saling menjaga komunikasi yang baik antar umat beragama.

“Kunci utamanya adalah saling menjaga komunikasi. Untuk mengontrol semua itu, mari ajak seluruh lapisan lini masyarakat untuk membentuk komunikasi yang baik, agar masyarakat faham. Sampaikan ke masyarakat, misalnya begini tujuan dan maksud aturan yang dibuat pemerintah,” ucap Salmadanis (Rabu, 25/5/2022).

Salmadanis menambahkan, perbedaan dan keberagaman bangsa ini, akan dapat berjalan dengan baik, jika diterapkan rasa toleransi sosial dan toleransi dalam beragama.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar