Tari Pasambahan, Ucapan Selama Datang untuk Tamu Istimewa

KBRN, Padang : Sumatera Barat memiliki beragam tari tradisional yang melambangkan kehidupan sehari-hari masyarakat di daerah ini. Dari sekian banyak tarian itu tersebutlah salah satunya Tari Pasambahan. Tarian ini ditampilkan untuk  menyambut tamu istimewa sebagai ucapan selamat datang.  Selain itu juga sebagai ungkapan hormat kepada tamu yang sudah diundang.

Gerakan  Tari Pasambahan Minang meliputi gerakan silat, berserak serta membungkuk. Seiring berkembangnya zaman, tarian ini selalu ada dalam pementasan seni dan bersifat untuk hiburan.

Tarian ini dapat ditarikan oleh pria maupun wanita. Alat musik yang dipakai untuk mengiringi tarian ini antara lain telempong, bansi, serunai, gandang tambui, dan tassa. Sedangkan kostum yang dipakai dipilih dari warna-warna seperti hitam, merah, dan hijau.

Namun seiring berkembangnya zaman, Tari Pasambahan pun mulai dikreasikan dengan gerakan lain dan tidka mengurangi maksna dari gerakan yang ditampilkan.

Ganesha, salah seorang penari mengatakan, tarian ini dibawakan dengan gerakan tubuh yang terlihat anggun. Sebagai penari di daerah, pelajar SD ini mengaku ada banyak kelebihan tarian Minang sehingga tariannya begitu disukai tamu atau wisatawan dari luar Sumatera Barat.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar