PEMUDA LESTARIKAN MUSIK TRADISI GONDANG SEMBILAN DI PASAMAN BARAT

KBRN, Padang : Pelestarian seni tradisi budaya tidak saja tanggungjawab pemerintah, namun juga kepedulian seluruh elemen, agar seni tradisi budaya tersebut dapat terjaga hingga sekarang.

Wali Nagari Sungai Aua Kecamatan Sungai Aua Kabupaten Pasaman Barat Yondri Hasman kepada RRI mengatakan, sebagai pemerintah terendah di tingkat Nagari, pihaknya selalu mendukung apa kegiatan yang dilakukan oleh masyarakat terutama para pemuda dalam pelestarian seni budaya tradisional.

“Ya kita sebagai perangkat nagari selalu mendukungnya, apa lagi nilai nilai budaya tersebut generasi muda yang melestarikannya,”ujar Yondri Hasman, Rabu ( 19/01/2022).

Lebih lanjut Yondri Hasman menjelaskan,  nagari sungai aua ini terdiri dari 22 jorong dengan penduduk berjumlah 36 ribu jiwa. Sedangkan mata pencaharian masyarakat setempat petani, buruh tani dan wiraswasta. Sementara itu terkait dengan objek wisata yang terkenal yakni air terjun talang, air terjun botung dan pantai sikiling.

Sementara itu Ketua Karang Taruna Gema Budi Nagari Sungai Aua Kecamatan Sungai Aua Pasaman Barat Hendra mengatakan, pemuda setempat terus berupaya untuk melestarikan seni budaya yang sudah turun temurun di nagari sungai aua ini. Dijelaskan Henra, baru baru ini Karang Taruna setempat membeli alat musik gondang sembilan dari hasil uang simpanan Karang Taruna itu sendiri.

“Kami kumpulkan uang sedikit demi sedikit dan dibantu dari uang KAS Karang Taruna, dan alhamdullah kami dapat membeli alat musik Gondang Sembilan ini. Tapi kami masih butuh alat musik tradisional lain lagi,”harap Hendra.

Lebih lanjut Hendra berharap kedepannya, sumbangan dari donatur lainnya, sehingga alat musik yang masih kurang ini akan semakin lengkap dan sanggar musik dari Karang Taruna Gema Bumi ini maju dan terkenal di Pasaman Barat.

“Pemuda sini banyak yang memiliki bakat seni, jadi ini salah satu upaya kita  menyalurkan bakat para generasi muda, dan ini juga upaya menghindari generasi muda dari tindak kriminalitas lainnya,”tutunya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar