Pelatihan Jahit Batik Kajang Padati

KBRN Padang : Sejumlah kaum ibu yang menekuni pekerjaan menjahit di Kota Padang mengikuti pelatihan menjahit deta motif batik kajang padati. Pelatihan tersebut difasilitasi Dinas Pariwisata melalui inisiasi pokok –pokok pikiran anggota DPRD Yuhilda Darwis.

Menurut Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kota Padang, Raju M. Chaniago, motif batik kajang padati saat ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Sumatera Barat. Karya desainer Emi Arlin itu menjadi salah satu ikon ekonomi kreatif sub sektor fasyen yang menggeliat.

“Pemko Padang melalui Bidang Ekonomi Kreatif Dinas Pariwisata berupaya untuk membantu pengembangan dan pemasarannya. Untuk itu ibu-ibu yang menekuni menjahit dilatih agar bisa membuat karya dengan motif batik kajang padati, ” ujar Raju di sela pelatihan yang bertempat di kediaman desainer Emi Arlin, Ulak Karang Selatan

Raju menambahkan, salah satunya yang diajarkan dalam pelatihan itu adalah membuat deta. Sehingga nanti bisa lebih mengembangkan produksi berupa deta maupun busana bermotif batik kajang padati.

“Disamping membantu meningkatkan produksi batik itu sendiri, di sisi lain akan meningkatkan penghasilan masyarkat. Sebab, permintaan deta dan baju untuk saat ini sangat banyak, ” kata Raju yang didampingi Kepala Bidang Ekonomi Kreatif Andi Amir.

Sementara itu, Yuhilda Darwis menyebut, memberikan pelatihan kepada ibu – ibu yang menekuni menjahit merupakan solusi untuk meningkatkan penghasilan. Dari hasil pelatihan diharapkan mereka lebih kreatif dan inovatif serta jeli melihat peluang pasar.

“Nantinya, para peserta bisa lebih kreatif dan jeli melihat peluang pasar serta bisa menghasilkan karya yang lebih inovatif sekaligus berkualitas.

Pelatihan tersebut, menurut Andi Amir berlangsung selama tiga hari. Bertempat langsung di rumah kreatif desainer Emi Arlin.

“Bukan saja pelatihan, tetapi peserta juga diberikan motivasi dari motivator Arlin Teguh,” ulas Andi Amir

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar