BATAJAU SENI PIAMAN HADIR NANTI MALAM DI KAMPUNG BENDANG KAMPUANG TARI

KBRN, Padang : Komunitas Batajau Seni Piaman, nanti malam hadir dalam penampilan seni budaya tradisional yang dipusatkan di kampuang bendang yang merupakan kampung tari di Kecamatan Sungai Sariak Kabupaten Padang Pariaman. Untuk menyukseskan ivent ini, melibatkan 17 sanggar tari yang ada di Pariaman dan Padang Pariaman.

Hampir 2 tahun pandemi Covid 19 melanda Indonesia, hampir selama itu pula berbagai aktivitas kesenian terkena imbasnya. Tidak terkecuali dengan sejumlah agenda festival yang sejak 2019 sudah disusun oleh Forum Batajau Seni Piaman.

Penggiat Ferum Batajau Seni Paiaman Muhammad Fadly kepada RRI pagi tadi megnaakan, dengan situasi yang sudah mulai kondusif saat ini, forum yang merupakan asosiasi sanggar-sanggar seni di Kabupaten Padang Pariaman dan Kota Pariaman ini kembali menggeliat. Iven kedua yang digelar nanti malam dipusatkan di Kampuang Bendang Kampung Tari Kecamatan Sungai Sariak Kabupaten Padang Pariaman.

“ Inven yang digelar nanti malam merupakan yang kedua kali setelah sukses di gelar pada tahun 2019 lalu di lokasi yang sama,”ujar Muhammad Fadly, Minggu (28/11/2021).

Muhammad Fadly menjelaskan, pada ivent pertama tahun 2019 lalu, dalam menyukseskan pertunjukan tersebut pihaknya melibatkan para orang tua untuk ikut dalam menari, namun pada ivent kedua ini pihaknya melibatkan anak anak dalam menari.

"Pada dasarnya kita ingin mengembalikan kesenian kepada masyarakat. Seni sebagai platform pembinaan anak muda, sebagai kanal kreatifitas, sebagai wahana pemanggil kebersamaan. Itu yang kita wujudkan dalam festival-festival di FBSP, termasuk Kampuang bendang Kampung Tari ini," sebutnya. 

Lebih lanjut Muhammad Fadly menambahkan, pada kegiatan tahun ini, ivent kampuang bendang kampuang tari di dukung dengan alokasi anggaran nagari. Menurutnya, ini sangat menggembirakan, karena peran serta nagari dalam membangun wahana kesenian seperti festival ini sangat dibutuhkan. 

Sementara itu Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Sumatera Barat Novrial mengatakan, pihaknya memberikan apresiasi kepada Forum Batajau Seni Piaman ini. Hingga hari ini sudah 13 kali ivent yang digelarnya dari nagari ke nagari.

“Kita sambut baik ya ide dari inisiatornya, cukup akitf dalam membangkitkan dan melestarikan nilai nilai seni budaya tradisional yang ada di Minangkabau, khususnya di Pariaman dan Padang Pariaman,”ujar Novrial.

Untuk itu dengan adanya ajang yang “mambasuek dari bumi” ini seperti halnya festival festival seni yang digelar oleh Forum Batajau Seni Piaman ini, maka wisata desa akan semakin semarak dan sekaligus meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sumatera Barat.

"Atraksi budaya, seperti festival seni ini adalah salah satu alasan terkuat kenapa orang datang ke Sumbar. Kesenian kita, baik yang tradisi maupun yang kreasi seperti yang biasa dihadirkan di ajangnya FBSP ini, akan menarik perhatian para wisatawan," tambahnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar