Goro Panen Membangun Masjid Nurul Yaqin Kota Padang

KBRN, Padang : Ada cara unik yang dilakukan untuk warga Pasa Lalang RW 7 Kecamatan Kuranji melanjutkan pembangunan masjid. Setiap hari minggu warga dikawasan dimaksud mengadakan gotong royong yang dinamakan manokang.

Tradisi manokang adalah warga setempat akan bergotong royong untuk memanen atau malambuik padi. Lalu, upah yang didapat nantinya, mereka akan sumbangkan untuk pembangunan masjid. Sementara untuk konsumsi warga yang ikut bergotong royong seperti makan dan minum akan disediakan oleh pemilik sawah.

Ketua RW Jamrus mengungkapkan tujuan warga pasa lalang melakukan goro manongkang padi yaitu dalam rangka mencari dana untuk pembangunan Masjid Nurul Yaqin yang pembangunannya masih terbengkalai. Uang yang terkumpul, rencananya dipergunakan untuk membeli granit, pembuatan teras dan juga membeli Ku bah masjid yang belum ada.

“Aktifitas inipun sudah berjalan selama tiga minggu berturut-turut,” sebut Jamrus (Selasa, 21/9/2021).

Sementara itu, Pengurus Masjid Nurul Yaqin Herman menyampaikan antusias masyarakat untuk membangun masjid sangat tinggi. Hingga saat ini pembangunan fisik masjid sudah mencapai delapan puluh persen yang dan telah menelan dana sekitar Rp. 1,2 milyar yang berasal dari gotong royong warga tersebut serta infak dan wakaf dari jemaah dan juga warga pasa lalang lainnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00