Seminar Museum Dalam Perspektif Sejarah dan Pendidikan

KBRN, Padang :  Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Padang satu hari penuh menggelar seminar tentang Museum dalam perspektif sejarah dan pendidikan. Seminar yang berlangsung diaula pertemuan Dinas setempat di ikuti dari berbagai unsur.

Peserta seminar berasal dari musyawarah kerja kepada sekolah SMP negeri dan swasta, kelompok kerja kepala sekolah SD Kota Padang, Dinas dan instansi terkait, Karang Taruna, Komunitas Cagar Budaya, sejarah darn museum Kota Padang, DHD 45 Kota Padang dan Lurah serta tokoh masyarakat Pasa Gadang.

Usai membuka seminar museum dalam perspektif sejarah dan pendidikan. Asisten 3 Pemerintah Kota Padang Didi Aryadi mengatakan, museum tidak semata untuk menyimpang benda benda bersejarah yang ada di suatu daerah, namun museum juga berfungsi sebagai tempat edukasi bagi masyarakat// Teruma bagi para pelajar sebagai program ekstra kurikuler dari sekolah.

“Kita harapa, museum dapat dijadikan tempat menimba ilmu, edukasi bagi para pelajar dan masyarakat umum,”ujar Didi Ariyadi, Selasa (21/09/2021).

Sementara itu panitia pelaksana seminar Plt Bidang Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Paang Daliusman mengatakan, seminar ini merupakan salah satu kegiatan dalam pengelolaan permuseuman pada tahun anggaran 2021. Dijelaskannya, program ini mengacu kepada kegaitan pengelolaan museum kabupaten kota dengan sub kegiatan pembinaan dan peningkatan mutu dan kapasitas sumberdaya manusia permuseuman.

“Ya kita harap dapat menambah wawasan peserta dan menjadikan awal kebangkitan semangat permuseuman bagi generasi muda di Kota Padang,”harapanya.

Seminar yang berlangsung satu hari penuh ini, menghadirkan nara sumber yang berkompeten pada bidang permuseuman yakni Gusti Asnan dengan makalahnya citra dan identitas Kota Padang dalam lintas sejarahnya, Zuzneli Zubir dengan topik pemuda revolusioner BPPI dalam potret  dan teks menuju terbentuknya museum di Kota Padang, Habibul Fuadi dengan judul makalah museum di dalam Kota Padang, Wannofri Samry dengan topik peranan media massa dan  perkembangan pers di Padang dan Noviyanty Awaluddin dengan judul makalah museum dan strategi pengembangannya

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00