Alarm Praktis, Inovasi WBP Rutan Padang Panjang

KBRN, Padang : Berbagai kreasi dikembangkan untuk mengoptimalkan kemampuan warga binaan pemasyarakatan di rutan dan lapas Sumatera Barat, salah satunya kreasi memberdayakan gembok rusak untuk dijadikan alarm di kamar atau ruangan penghuni Rutan Padang Panjang.

Dalam perbincangannya kepada RRI, Selasa, (14/09/2021) Kepala Rutan Padang Panjang, Rudi Kristiawan menjelaskan, pengamanan di lingkup pemasyarakatan adalah mutlak yang harus selalu dikawal. Dengan adanya kreasi memanfaatkan barang-barang rusak yang tidak tepakai menjadi barang  produktif, otomatis   dapat memotivasi  penghuni lainnya untuk bisa melahirkan ide positif di masa mendatang.

"Inovasi menciptakan alarm praktis dari benda-benda yang sudah tidak terpakai adalah bagian  dari upaya menciptakan suasana rutan yang kondusif, jauh darti kekisruhan yang selama  ini menghambat upaya pembinaan," ujarnya kepada RRI.

Rencananya alarm tersebut akan ditempatkan pada masing-masing kamar, blok warga binaan sehingga pada kondisi tertentu sebut saja kondisi darurat seperti halnya terjadi musibah, perkelahian sesama wbp, alarm akan berbunyi untuk mendatangkan bantuan ke lokasi setempat.Tanpa harus mengeluarkan biaya produksi yang cukup tinggi, rutan tetap bisa melakukan tugas pengamanan dengan cara sederhana dan sarat inovasi

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00