Ketahui Rekomendasi Ide Menu Diet Seminggu

KBRN, Padang : Ketika berencana menurunkan berat badan, salah satu hal penting yang perlu diperhatikan adalah menu diet seminggu pertama. Pasalnya, kalori yang kamu dapatkan tidak boleh melebihi batas yang dibutuhkan oleh tubuh.

Kelebihan kalori ini dapat disimpan menjadi lemak sehingga berat badan pun tak kunjung turun ataupun naik. Nah, apabila kamu masih bingung menentukan menu sehat yang rendah kalori, simak ide menu diet seminggu berikut ini!

Rekomendasi Menu Diet Seminggu

Berikut ide menu diet seminggu yang bisa kamu coba:

1. Hari Pertama Menu Diet Seminggu

Hari pertama

Menu hari pertama, kamu bisa dapat memanggang satu dada ayam yang disandingkan dengan salad berisi tomat dan bawang bombay. Kamu bisa menambahkan satu sendok makan minyak zaitun dan cuka atau menggunakan saus salad. 

2. Hari Kedua Menu Diet Seminggu

Di hari selanjutnya, kamu bisa membuat sandwich dengan isian suwiran daging dada ayam, irisan tomat besar, selada hijau, dan mustard di atas dua potong roti gandum utuh. Lalu, kamu bisa memadukannya dengan satu cangkir sup sayuran rendah garam. 

3. Hari Ketiga Menu Diet Seminggu

Jika kamu salah satu pecinta mi, kamu bisa membuat sup mi dan ayam rendah garam yang dipadukan dengan sawi atau bok choy. Gunakan suwiran dada ayam tanpa kulitnya untuk mengurangi kelebihan lemak. 

4. Hari Keempat Menu Diet Seminggu

Kalau kamu ingin mencoba menu unik, mungkin sekarang saatnya. Kamu bisa membuat tuna wrap menggunakan satu lembar tortilla yang terbuat dengan tepung terigu. Untuk isiannya, kukus tuna yang kemudian disuwir dan dibumbui dengan sedikit lada dan garam. Taruh suwiran tuna, mayonnaise, selada dan irisan tomat ke atas kulit tortila lalu gulung menjadi satu. 

5. Hari Kelima Menu Diet Seminggu

Burger adalah menu yang kerap dihindari saat seseorang diet karena terkenal akan kalorinya yang cukup tinggi. Namun jangan sedih dahulu! Kamu bisa membuat veggie burger untuk menu diet seminggu yang tentunya lebih menyehatkan. Kamu bisa menggunakan roti burger yang terbuat dari gandum, lalu isi dengan tomat, selada, dan acar.

Sebagai pengganti daging, kamu bisa menumis tempe bersama dengan daun bawang dan bawang bombay yang sedikit dibumbui dengan garam dan lada. Setelah matang dan wangi, masukan ke dalam burger lalu tambahkan mayonaise atau mustard di atasnya dan ditutup dengan roti. 

6. Hari Keenam

Jika kamu mengidam pasta, kamu bisa memilih pasta gandum utuh sebagai sumber karbohidrat. Lalu, gunakan setengah cangkir saus pasta merah sebagai sandingannya. Untuk tambahan daging, kamu bisa memilih seafood atau dada ayam cincang. 

7. Hari Ketujuh

Bisa dibilang, salad sering menjadi makanan wajib orang yang sedang menjalankan diet. Nah, kamu bisa membuat salad versi apapun sesuai selera kamu. Pilihlah jenis sayuran yang kamu sukai lalu potong atau iris menjadi satu ke dalam mangkuk. Tambahkan minyak zaitun, mayonnaise, mustard atau keju dan bahan pelengkap lain yang kamu sukai. Namun, pastikan kalorinya tidak melebihi batas ya!

@halodoc

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar