Makanan Penurun Kolesterol yang Perlu Dicoba

KBRN, Padang :  Kolesterol adalah zat yang berbentuk seperti lilin dan lemak yang ditemukan di semua sel dalam tubuh. Kolesterol juga terdapat pada makanan dari sumber hewani, seperti kuning telur, daging, dan keju. Meski penting, jumlahnya yang terlalu tinggi dapat membentuk plak dan menghalangi aliran darah.

Plak ini menempel pada dinding arteri yang dikenal sebagai aterosklerosis. Jika dibiarkan, penumpukan plak ini dapat memicu penyumbatan arteri yang berdampak pada kardiovaskular. Untuk mencegah kadarnya melonjak, kamu perlu mengonsumsi sejumlah makanan penurun kolesterol.

Fungsi Kolesterol untuk Tubuh

Kolesterol dibawa dan dialirkan ke seluruh tubuh oleh lipoprotein. Dalam jumlah kecil kolesterol memiliki beberapa fungsi penting dalam tubuh, seperti:

Membangun struktur membran sel.

Memproduksi hormon estrogen, testosteron dan adrenal.

Membantu metabolisme tubuh bekerja secara efisien, misalnya untuk menghasilkan vitamin D.

Menghasilkan asam empedu, yang membantu tubuh mencerna lemak dan menyerap nutrisi penting.

Jenis Makanan Penurun Kolesterol

Jika kadarnya terlalu tinggi, kamu perlu mengonsumsi sejumlah makanan penurun kolesterol berikut ini:

1.  Beras Merah

Beras merah mengandung vitamin B, selenium, magnesium dan fitonutrien yang dapat menurunkan kadar lemak darah. Kandungan serat tinggi di dalamnya juga dapat membantu menurunkan gula darah.

2.  Gandum

Gandum adalah sereal bergizi sebagai penurun kolesterol karena serat tinggi di dalamnya. Kolesterol diubah menjadi asam empedu yang dilepas ke usus halus untuk mencerna lemak.

3.  Bayam

Sayuran hijau seperti bayam dianggap paling efektif dalam menurunkan kolesterol. Bukan itu saja, salah satu sayuran penurun kolesterol ini juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung jika dikonsumsi secara rutin.

4.  Seledri

Sayuran seledri mengandung antioksidan tinggi dan dikenal sebagai tumbuhan yang mampu mencegah oksidasi LDL. Seledri bisa dimakan dalam bentuk sup, atau tumisan, atau bisa dalam bentuk jus.

5.  Buncis

Buncis dapat membantu menurunkan kolesterol dalam darah karena kandungan serat larut dan tidak larut di dalamnya. Untuk menurunkan kadar kolesterol tubuh, setidaknya konsumsi 2-10 gram serat larut per hari.

6.  Kedelai

Kedelai dan olahannya seperti tahu, tempe, tepung kedelai, nutrela, nugget, dan susu kedelai merupakan makanan penurun kolesterol yang ampuh. Di dalamnya terkandung isoflavon yang berfungsi untuk menekan kadar kolesterol jahat.

7.  Kacang-Kacangan

Kacang-kacangan seperti kacang mede, almond, kenari, atau sayur-sayuran seperti kacang panjang mengandung asam lemak tak jenuh ganda yang baik untuk menurunkan kolesterol.

8.  Biji Bunga Matahari

Biji bunga matahari mengandung sterol yang dapat menurunkan kadar kolesterol tinggi. Makanan ini bisa kamu konsumsi sebagai camilan yang umum dikenal sebagai kuaci.

9.  Ikan dengan Kandungan Omega 3

Ikan dengan kandungan asam lemak omega-3, seperti ikan kembung, sarden, tuna, trout, makarel, dan salmon dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Konsumsi secara rutin untuk mendapatkan manfaatnya.

10.  Ikan Salmon

Ikan salmon dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dan trigliserida. Agar kolesterol tidak meningkat, hindari memasak dengan minyak, gunakan oven atau pembakaran untuk mengurangi penggunaan minyak.

Lakukan Ini Juga untuk Menurunkan Kolesterol

Selain dari makanan, kamu juga perlu melakukan beberapa langkah berikut ini untuk menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh:

Memasak dengan herbal dan rempah-rempah yang kaya vitamin, mineral, dan antioksidan.

Rutin berolahraga agar aliran darah tetap lancar dan plak menghilang dalam dinding arteri.

Pertahankan berat badan sehat, karena obesitas dapat meningkatkan risiko terkena kadar kolesterol tinggi.

Hindari merokok, karena nikotin dapat menyebabkan kadar kolesterol total dalam darah meningkat.

Konsumsi suplemen minyak ikan dan serat larut untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Rahasia Probiotik untuk Meningkatkan Imunitas Tubuh

Ada berbagai penyakit yang bisa kamu alami ketika daya tahan tubuh kamu rendah seperti misalnya, penyakit flu, alergi, gangguan pencernaan, atau bahkan COVID-19. Ini semua terjadi  akibat imunitas tubuh yang kurang optimal. Nah, salah satu cara yang bisa kamu lakukan untuk menjaga dan meningkatkan imunitas tubuh adalah dengan mengonsumsi berbagai makanan sehat.

Dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan sehat yang mengandung semua kebutuhan nutrisi dan vitamin yang dibutuhkan, maka ini bisa meningkatkan imunitas tubuh. Salah satu makanan yang disarankan adalah probiotik. Kandungan ini bukan hanya membantu kamu dalam menjaga kesehatan pencernaan, tetapi juga meningkatkan imunitas tubuh. Yuk, simak ulasan mengenai manfaat probiotik bagi imunitas tubuh, di sini!

Alasan Probiotik Baik untuk Imunitas Tubuh

Probiotik adalah kandungan yang bisa meningkatkan pertumbuhan dan perkembangan bakteri baik dalam usus. Probiotik sendiri merupakan bakteri baik yang biasanya terdapat dalam makanan atau minuman yang telah melalui proses fermentasi.

Tidak hanya melalui makanan ataupun minuman fermentasi, probiotik juga sudah ada di dalam usus manusia. Bakteri baik ini berfungsi dalam meningkatkan kesehatan pencernaan, mencerna makanan yang dikonsumsi, hingga memecah makanan agar lebih mudah diserap oleh tubuh.

Lalu, bagaimana probiotik memengaruhi imunitas tubuh? Probiotik dapat membantu kamu meningkatkan daya tahan tubuh dengan mengontrol jumlah bakteri baik dan jahat yang ada di dalam pencernaan. Semakin banyak jumlah bakteri baik, hal ini membuat tubuh lebih mudah melawan zat-zat asing, seperti virus, bakteri, maupun parasit yang masuk ke dalam tubuh. 

Tidak hanya itu, bakteri baik juga melindungi dinding usus agar kemampuan menyerap pencernaan menjadi lebih baik. Hal ini membuat nutrisi akan terserap maksimal sehingga bisa mengoptimalkan imunitas tubuh kamu.

Bukan hanya meningkatkan imun tubuh, probiotik juga dinilai mampu menurunkan risiko alergi maupun eczema. Probiotik bisa membantu mengurangi risiko alergi dan eczema pada anak-anak maupun bayi. 

Ibu hamil yang rutin mengonsumsi makanan dengan kandungan probiotik akan menurunkan risiko eksim di dua tahun pertama anak setelah dilahirkan sebanyak 83 persen. Probiotik juga baik untuk mengurangi respon peradangan pada anak-anak atau bayi yang terjadi akibat alergi susu.

Jenis Probiotik yang Baik untuk Kesehatan

Tidak ada salahnya mengenal beberapa jenis bakteri bakteri bagi tubuh, seperti:

Acidophilus. Bakteri baik ini terbukti bisa membantu meningkatkan imunitas tubuh. Kamu bisa temukan bakteri baik jenis ini dalam tempe, yoghurt, miso, dan susu.

Bifidobacterium. Bakteri baik jenis ini bisa digunakan untuk meredakan gangguan pencernaan yang kamu alami. Kamu bisa menemukan bakteri jenis ini pada tempe, miso, kefir, kimchi, hingga wine. 

Lactobacillus delbrueckii subsp. bulgaricus (or L. bulgaricus) dan S. thermophilus. Kedua jenis bakteri baik ini dapat ditemukan pada yoghurt dan bisa membantu kamu meningkatkan imunitas tubuh.

Itulah rahasia probiotik untuk meningkatkan imunitas tubuh. Sebaiknya pastikan kamu mengonsumsi berbagai makanan sehat yang memiliki kandungan probiotik di dalamnya. 

@HALODOC

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar