Ketahui 7 Cara Tepat Mengatasi Sariawan

KBRN, Padang : Sariawan umumnya bisa sembuh tanpa membutuhkan pengobatan khusus. Luka pada area mulut atau lidah ini biasanya akan menghilang dalam waktu 1–3 minggu. Namun, kondisi ini seringkali memicu berbagai gejala yang bisa menyakitkan dan membuat seseorang merasa tidak nyaman. Untuk mengatasinya, obat sariawan sering menjadi pilihan. 

Meski tidak membutuhkan penanganan khusus, sariawan yang muncul di mulut atau di lidah bisa mengganggu. Munculnya luka bisa membuat seseorang kesulitan mengunyah makanan, muncul rasa nyeri atau sensasi geli, hingga risiko infeksi bakteri. Kalau sudah begitu, luka sariawan akan menjadi semakin sulit untuk sembuh. 

Beragam Pilihan Obat Sariawan 

Tidak ada obat khusus untuk mengatasi sariawan. Kondisi ini membutuhkan waktu untuk sembuh dan biasanya akan hilang dalam waktu satu hingga tiga minggu. Namun, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meredakan gejala dan mempercepat penyembuhan, di antaranya: 

  1. Ganti Sikat Gigi 

Salah satu cara untuk mencegah luka sariawan memburuk adalah mengganti sikat gigi, yaitu yang memiliki sikat lembut. Agar tidak melukai area mulut serta tidak memperparah luka yang ada. Selain itu, pastikan juga untuk rutin menyikat gigi sehingga terhindar dari risiko infeksi pada luka sariawan. 

  1. Berkumur Air Garam 

Nyeri akibat luka sariawan bisa terasa sangat menyakitkan. Untuk meredakan kondisi tersebut, cobalah berkumur dengan air garam atau menggunakan obat kumur. 

  1. Kompres Es 

Terkadang, sariawan juga bisa menyebabkan nyeri dan pembengkakan. Untuk meredakannya, coba tempelkan es batu yang dibalut kain pada area yang terasa sakit. 

  1. Hindari Makanan Pedas 

Saat mengalami sariawan, sebaiknya hindari mengonsumsi makanan yang terlalu pedas. Sebab, makanan pedas bisa memperlambat proses penyembuhan sariawan dan membuat luka semakin parah. Menghindari makanan pedas juga baik untuk meningkatkan efektivitas obat sariawan. 

  1. Pilih Makanan Lunak dan Sehat 

Mengonsumsi makanan dengan tekstur lunak juga bisa membantu mempercepat proses penyembuhan sariawan. Selain itu, konsumsi juga makanan sehat yang mengandung gizi seimbang. 

  1. Obat-obatan Khusus 

Selain dengan cara-cara di atas, konsumsi obat sariawan dari dokter bisa dilakukan. Biasanya, cara ini digunakan untuk mengatasi sariawan yang cukup berat atau sudah terjadi dalam jangka waktu lama. Obat yang dikonsumsi harus dengan resep dokter atau di bawah pengawasan tenaga medis. 

  1. Pemeriksaan Gigi Rutin 

Hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah rutin melakukan pemeriksaan ke dokter gigi. Hal ini bisa membantu mengatasi masalah gigi dan mulut, termasuk sariawan. Rutin melakukan pemeriksaan gigi juga bisa menurunkan risiko terjadinya sariawan berulang. 

@halodoc

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar