Manfaat Infused Water Lemon untuk Pencernaan

KBRN, Padang : Lemon adalah salah satu jenis buah jeruk yang cukup populer dan serbaguna. Buah ini populer karena rasanya yang menyegarkan dengan aroma segar yang cocok untuk membumbui banyak resep masakan, diolah menjadi infused water atau bahkan pewangi. Buah ini juga kaya akan vitamin C yang baik dan manfaat kesehatannya luar biasa. Mulai dari sifat antibakteri dan antivirus, hingga kemampuannya meningkatkan kekebalan.

Salah satu cara umum untuk menuai manfaat lemon bagi kesehatan dengan membuat infused water. Manfaat infused water lemon untuk kesehatan pun tak perlu diragukan. Ia diyakini bisa bertindak sebagai agen pelancar pencernaan dan detoksifikasi dan membantu membersihkan hati. Alhasil, ini semua mengarah pada kesehatan pencernaan yang lebih baik. 

Manfaat Infused Water Lemon

Berikut ini manfaat infused water lemon untuk kesehatan yang perlu kamu tahu:

Membantu Mencegah Sembelit

Beberapa orang minum infused water lemon sebagai pencahar pagi setiap hari untuk membantu mencegah sembelit. Minum air lemon hangat atau panas ketika bangun tidur dapat membantu sistem pencernaan kamu bergerak.

Pengobatan Ayurvedic juga menyebutkan bahwa rasa asam lemon membantu menstimulasi "agni". Nah, agni yang kuat ini bisa merangsang sistem pencernaan, sehingga memungkinkan kamu untuk mencerna makanan lebih mudah dan membantu mencegah penumpukan racun di dalam tubuh.

Mengurangi Berat Badan 

Infused water lemon juga cara yang efektif untuk mengurangi berat badan karena meningkatkan tingkat metabolisme tubuh. Bagi orang yang ingin menggunakan lemon karena kemampuannya menurunkan berat badan, infused water bukan yang disarankan, melainkan minum jus lemon dengan air hangat setiap hari dengan perut kosong untuk memberikan hasil yang luar biasa.

Seiring dengan manfaat penurunan berat badan, minum air lemon hangat setiap pagi juga memiliki banyak manfaat lainnya. Para ahli nutrisi di Edison Institute of Nutrition telah mendaftarkan beberapa manfaat kesehatan paling efektif dari minum jus lemon dengan air hangat setiap pagi. Tambahkan setengah dari perasan lemon segar ke 8 ons air dingin, hangat atau panas, nikmati rasanya dan manfaatnya.

Selain itu, manfaat infused water yang akan kamu dapatkan, antara lain:

  • Sebagai sumber vitamin C, infused water lemon melindungi tubuh dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.
  • Minum jus lemon dengan air hangat setiap pagi dapat menjaga keseimbangan pH tubuh.
  • Dengan sifat antibakteri yang kuat, jus lemon membantu melawan infeksi.
  • Bertindak sebagai agen detoksifikasi.
  • Jus lemon juga efektif membersihkan hati karena mempromosikan hati untuk mengeluarkan racun.
  • Jus lemon dengan air hangat membantu pencernaan dan karenanya membantu mengatur pergerakan usus alami.

Pahami Juga Efek Samping Infused Water Lemon

Air lemon umumnya aman untuk diminum, tetapi ada beberapa efek samping potensial yang perlu diperhatikan. Lemon mengandung asam sitrat yang dapat mengikis enamel gigi. Untuk membatasi risikonya, minumlah air lemon melalui sedotan, dan bilas mulut dengan air putih sesudahnya.

Beberapa orang melaporkan lebih sering pergi ke kamar mandi ketika minum air lemon. Meskipun vitamin C sering diyakini memiliki sifat diuretik, tetapi bukti tidak menunjukkan bahwa vitamin C dari sumber alami seperti lemon memiliki efek diuretik. Hal ini kemungkinan besar disebabkan oleh peningkatan asupan air.

@halodoc

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar