Tumbang Singkong, Kuliner Tradisional Kaya Karbohidrat

KBRN, Padang : Tumbang, salah satu  kuliner khas Sumatera Barart yang terbuat dari bahan alami seperti singkong dan sagu. Tumbang, camilan gurih yang mengenyangkan dan nikmat di santap di kala waktu senggang. Tidka perlu modal atau biaya banyak untuk bisa membuat hidangan sederhana ini. Hanya bermodalkan singkong  atau pun sagu yang dicampur gula aren dan parutan kelapa. Masing-masing rumah sudah bisa mengolah singkong atau sagu menjadi kuliner khas Sumatera Barat yangdinamai Tumbang ini.

Ami, ibu rumah tangga ini kepada RRI, Kamis, (15/7/2021) mengaku sangat menyukai Tumbang Singkong yang menurutnya makanan kaya karbohidrat yang mengenyangkan.

"Kebetulan anak dan suami saya juga menyukainya. Pada hari libur kami sering memasak kuliner daerah, salah satunya Tumbang Singkong yang cara pembuatannya lumayan praktis dan tidak mengeruk isi kantong," paparnya kepada kepada RRI.

Selain Ami, penikmat Tumbang Singkong lainnya adalah Andri. Karyawan hotel ini menyukai bermacam Tumbang, tidka hanya yang terbuat dari Singkong namun juga Tumbang berbahan dasar sagu.

" Saat masih tinggal di kampung, nenek sering membuat Tumbang Singkong dan saya sangat menikmatinya, " ujarnya.

Namun kini makanan tradisional itu sudah susah dicari di pusat - pusat perbelanjaan. Kalau pun ada yang jual, umumnya di desa atau pun daerah pinggiran yang masyarakatnya belum mengenal terlalu banyak makanan modern siap saji.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00