Bika Koto Baru, Kuliner Khas Sumatera Barat yang Diburu dari Waktu ke Waktu

KBRN, Padang : Bika Koto Baru, begitu orang menyebutnya. Bagi masyarakat yang hobi berkuliner, nama Bika Koto Baru mungkin sudah tidka asing lagi. Bika Koto Baru, terbuat dari bahan dasar tepung beras, kelapa dan gula yang kemudian dibakar di atas tungku yang adonannya telah lebih dulu dialasi daun jati. Jika melihat teksturnya, Bika Koto Baru asal Sumatera Barat ini memang berbeda dengan Bika Ambon yang permukaan berlubang-lubang. Sementara Bika Koto Baru teksturnya lebih padat dan mengenyangkan.

Selain menjadi hidangan khas daerah, Bika Koto Baru ini juga disukai masyarakat lokal mulai darti anak-anak hingga orang dewasa. Tidak heran jika Bika Koto Baru ini juga dijual di daerah lain seperti halnya di Padang, Solok dan Pariaman. 

Rudi , salah seorang pengunjung dari Pekanbaru sore itu terlihat berbelanja Bika Koto Baru dalam jumlah banyak. Bika itu rencananya akan dibagi-bagikan untuk  kerabatnya di Pekanbaru yang telah lebih dulu memesan Bika kepadanya.

" Tiap ke Padang, saya selalu menyinggahi tempat ini, tujuannya tidak lain berbelanja Bika Koto Baru sebagai buah tangan di bawa ke Pekanbaru," ujar bapak dua anak ini, Minggu, (11/7/2021).

Begitulah sensasi yang dihadirkan kuliner dari masing-masing daerah. Selalu saja ada yang berburu, tidak peduli jarak yang memisahkan satu kota dengan kota lainnya.   

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00