Mamukek, Tradisi Unik yang Menambah Daya Tarik Wisata

KBRN, Padang : Sumatera Barat memang kaya dengan tradisi daerah, salah satunya mamukek. Kegiatan menangkap ikan yang dilakukan dengan menggunakan pukat ini menjadi salah satu daya tarik wisatawan yang melancong ke Sumatera Barat. Mamukek memberikan kesan tersendiri  yang menambah panjang tradisi masyarakat Ranah Minang. Pemerintah Kota Padang sebelumnya telah menetapkamn Mamukek sebagai  destinasi wisata unik  yang diharapkan dapat  dapat menjadi daya tarik melengkapi wisata bahari  di daerah.

Banyak hal yang dapat diambil hikmahnya dari tradisi turun temurun ini, salah satunya nilai kbersamaan dalam nuansa gotong royong yang dirasakan demikian kuat. Asman,  salah seorang nelayan Pantai Puruih  kepada RRI mengaku, tradisi Mamukek sudah sejak lama dilakukan dari generasi ke generasi.

"Sampai kini, tradisi ini masih bertahan bahkan menjadi bagian dari destinasi yang diyakni dapat merangkul kedatangan banyak wisatawan ke daerah," ungkapnya, Senin, (5/7/2021).

Hal yang menarik dan unik dari tradisi ini bukan pada pukek atau jala  yang digunakan untuk menangkap ikan. Namun lebih kepada semangat gotong-royong orang-orang yang pergi menangkap ikan menggunakan  pukek. Tidak heran jika keunikan tradisi Mamukek selanjutnya direalisasikan dalam bentuk kegiatan yang mengacu pada sasaran atau pun program pemerintah lainnya dalam menggenjot pariwisata daerah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar

00:00:00 / 00:00:00