Manfaat Daun Miana bagi Kesehatan

KBRN, PADANG; Daun miana merupakan salah satu jenis daun yang mungkin banyak dari anda belum pernah mendengarnya. Daun miana sendiri seringkali dikenal degnan sebutan daun iler. Daun miana memiliki daun yang berwarna merah, dan seringkali dimanfaatkan sebagai jenis tanaman obat-obatan alias tanaman herbal..

Manfaat dari Daun Miana

Daun miana sendiri, tentu saja memilki banyak sekali manfaat bagi kita semua. Apa saja sih manfaat daun miana? Dilansir laman sehatq berikut ini adalah beberapa manfaat penting dari daun miana:

  1. Sebagai Tanaman Hias

Manfaat daun miana yang pertama adalah dapat menjadi tanaman hias. Ya, bentu dan juga warna dari daun miana merupakan salah satu daya tarik tersendiri dari daun miana bagi para pencinta tanaman hias. Daunnya yang memiliki warna merah kegelapan merupakan salah satu wujud dari kecantikan tanaman ini, sehingga seringkali dimanfaatkan menjadi tanaman hias.

  1. Membantu Mengobati Bisul

Manfaat daun miana berikutnya adalah dapat membantu menyembuhkan bisul, dan juga mengurangi gejala bisul. Untuk mengobati bisul ini, anda tidak perlu repot untuk membuat ramuan seperti ketika anda mengobati wasir, namun hal yang perlu anda lakukan cukup dengan cara memanaskan daun miana di atas api, namun jangan sampai gosong. Setelah itu tempelkan daun miana pada bagian tubuh yang mengalami bisul, kompres hingga beberapa menit. Lakukan hal ini hingga bisul anda sembuh dan juga mengering.

  1. Menyembuhkan dan Meringankan Gejala Batuk

Manfaat daun miana selanjutnya adalah dapat membantu menyembuhkan dan juga meringankan gejala batuk. Daun miana memilki khasiat yang amat sangat baik untuk memantu mengeluarkan dahak yang menempel pada tenggookan, sehingga sangat efektif untuk membantu meringankan gejala batuk yan ganda alami.

  1. Baik untuk Mengatasi Gangguan pada Saat Menstruasi

Manfaat daun miana yang terakhir adalah untuk membantu mengatasi gangguan pada saat haid atau menstruasi. Salah satu gangguan yang muncul ketika berada pada sikls menstruasi adalah kemunculan siklusnya yang tidak teratur. Apabila biasanya menstruasi terjadi kurang lebih 1 bulan sekali, namun terkadang muncul gangguan pada siklusnya, dimana bisa saja muncul 2 kali dalam sebulan, atau muncul 2 – 3 bulan sekali.

  1. Sebagai Obat Mata Merah

Mata merah yang terjadi karena iritasi pun bisa anda sembuhkan dengan menggunakan daun miana. Cara yang paling mudah yang bisa anda lakukan adalah dengan cara menempelkan alias mengompres mata anda dengan menggunakan daun miana yang sudah dibasahi dan juga dicacah – cacah. Dengan demikian, ini akan membantu menyembuhkan mata merah yang anda alami.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar