Beras Ketan Putih yang Rasanya Lezat Namun Juga Sehat

KBRN, PADANG; Manfaat beras ketan putih ternyata cukup banyak dan baik untuk kesehatan, salah satunya adalah mencegah diabetes. Makanan ini cukup populer di kalangan masyarakat Asia. Beras ketan putih berbeda dari beras pada umumnya. Saat dimasak, beras ini akan mengembang menjadi nasi yang lengket.

Di berbagai negara Asia termasuk Indonesia, beras ketan menjadi salah satu makanan yang seringkali "dimodifikasi" menjadi kekinian, salah satunya dicampurkan dengan buah mangga.

Apa manfaat beras ketan putih untuk kesehatan?

Berbeda dari beras ketan hitam yang biasanya dicampur dengan susu kelapa, jenis beras yang satu ini biasanya akan dikonsumsi secara kering dengan berbagai lauk, baik manis maupun asin (gurih). balik kelezatannya, beras yang satu ini menyimpan berbagai manfaat kesehatan yang mungkin selama ini terpendam.

1. Bernutrisi tinggi

Berbeda dari kebanyakan nasi lainnya, manfaat beras ketan putih mengandung protein yang cukup tinggi. Jika dilihat dari kandungan nutrisinya, beras ini sangat kaya akan zat mineral yang penting untuk tubuh kita. Bahkan, bisa menjadi sumber karbohidrat. Jangan heran kalau banyak klaim yang mengatakan bahwa ketan putih sangat bermanfaat bagi kesehatan.

2. Mencegah datangnya penyakit

Manfaat beras ketan putih yang satu ini berasal dari berbagai nutrisi yang dikandung, seperti selenium. Selenium memiliki sifat antioksidan yang dapat mencegah datangnya berbagai macam penyakit kronis. 

3. Mencegah diabetes

Dalam sebuah penelitian yang dirilis Nutrition & Diabetes Journal, manfaat beras ketan putih untuk diabetes sebanyak dua kali sehari dalam 8 minggu bantu mengendalikan kadar gula darah pasien diabetes tipe 2

4. Mencegah peradangan

Manfaat beras ketan putih memiliki banyak dampak baik untuk kesehatan tubuh. Kandungan zinc dan berbagai vitamin B mampu bisa memperkuat sistem imun tubuh sehingga dapat mengurangi peradangan dan meredakan ketegangan.

5. Meningkatkan kepadatan tulang

Manfaat beras ketan putih  berasal dari kandungan mineralnya, terutama kalsium. Mineral ini akan membantu Anda menjaga kepadatan tulang sehingga penyakit osteoporosis bisa dicegah. Jangan main-main, dalam 100 gram, terdapat sekitar 2 miligram kalsium yang siap menjaga kesehatan tulang Anda.

6. Meningkatkan kesehatan jantung

Manfaat beras ketan putih yang satu ini ada karena kandungan lemak dan kolesterol yang sangatlah sedikit. Itulah sebabnya banyak penderita penyakit jantung yang akhirnya mengonsumsi makanan ini untuk menjaga kesehatan jantung.

7. Meningkatkan metabolisme tubuh

Kebanyakan vitamin B yang putih ternyata sangat “terikat” dengan metabolisme tubuh. Jadi, proses penciptaan enzim, kestabilan hormon, dan proses metabolik lainnya pun terjaga.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar