Saus Marinara, Saus Berbahan Tomat yang Punya Banyak Khasiat Menjanjikan

KBRN, PADANG: Wajib hukumnya menggunakan saus marinara, utamanya ketika sedang membuat pasta atau pizza. Hanya cukup sedikit saja, saus yang satu ini sudah memperkuat rasa dari masakan. Dalam setengah cangkir takarannya, kalori saus marinara adalah sekitar 66.

Wajib hukumnya menggunakan saus marinara, utamanya ketika sedang membuat pasta atau pizza. Hanya cukup sedikit saja, saus yang satu ini sudah memperkuat rasa dari masakan. Dalam setengah cangkir takarannya, kalori saus marinara adalah sekitar 66.

Manfaat saus marinara untuk kesehatan

Kelebihan saus marinara adalah di dalamnya terdapat vitamin dan mineral esensial. Satu porsinya saja telah memenuhi 20% kebutuhan harian vitamin A dan vitamin E. Selain itu, saus marinara juga merupakan sumber vitamin K, vitamin B6, niacin, tembaga, dan potasium. Dilansir laman sehatq, bagaimana dengan manfaat saus marinara untuk kesehatan?

  1. Potensi melindungi dari kanker

Dalam saus marinara, terdapat antioksidan jenis likopen. Ini adalah bagian dari karoten yang membuat tomat berwarna merah. Antioksidan ini dapat melindungi tubuh dan sel-sel di dalamnya dari kerusakan oksidatif Bahkan, bisa melindungi dari kanker dengan cara membunuh sel kanker agar tidak terus bertumbuh.

Bahkan, ada beberapa bukti dari Amerika institute for cancer research bahwa mengonsumsi tomat bisa menurunkan risiko kanker lambung, paru-paru, dan usus. Bahkan, diet kaya likopen juga bisa mengurangi risiko kematian akibat kanker.

  1. Potensi menjaga kesehatan jantung

Mengonsumsi bahan makanan yang mengandung tomat seperti saus marinara bisa menurunkan risiko mengalami penyakit jantung. Lagi-lagi, ini berkat kandungan likopen di dalamnya. Selain itu, likopen juga dapat menurunkan risiko mengalami stroke.

  1. Potensi memperkuat tulang

Bukan hanya kalsium, tulang juga perlu vitamin K dan likopen untuk mencegah penurunan massa tulang. Selain itu, mengonsumsi makanan dengan kandungan karoten dapat meningkatkan kepadatan mineral tulang. Artinya, risiko osteoporosis pun bisa berkurang.

  1. Potensi menyehatkan kulit

Ingin memberikan perlindungan tambahan untuk kulit? Maka konsumsilah makanan kaya likopen dan betakaroten. Saus marinara, salah satunya. Sebab, kedua jenis karoten ini dapat menjaga kulit agar tidak rentan mengalami kerusakan akibat paparan sinar ultraviolet.

  1. Potensi mencegah diabetes

Konsumsi makanan tinggi likopen juga bisa mencegah diabetes. Sebab, kandungan antioksidan dan anti-peradangan di dalamnya dapat mencegah dari penyakit kronis satu ini. Bahkan, bisa juga mencegah obesitas.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar