Beragam Manfaat Telur Ayam Kampung untuk Kesehatan

KBRN, PADANG: Manfaat telur ayam kampung tidak jauh berbeda dari telur ayam ras. Telur ayam kampung kaya akan kandungan vitamin D, dan mampu menurunkan risiko sakit jantung.

Ketika memilih protein hewani yang murah dan mudah didapatkan, Anda mungkin akan menjatuhkan pilihan pada telur. Di pasaran, dikenal dua jenis telur yang bisa Anda dapatkan, yakni telur ayam kampung dan telur ayam ras (telur biasa). Apa perbedaan kedua jenis telur ini?

Telur ayam kampung biasanya berwarna lebih putih dibanding telur ayam biasa yang berwarna kecokelatan. Ukuran telur ayam kampung pun lebih kecil, namun harganya lebih mahal dibanding telur ayam ras.

Telur kampung dianggap lebih aman dikonsumsi ketimbang telur lainnya. Kandungan nutrisinya juga dinilai lebih tinggi sehingga manfaat telur ayam kampung digadang-gadang lebih banyak dibanding telur ayam ras. Benarkah demikian?

Manfaat telur ayam kampung

Setelah membaca fakta mengenai telur tadi, dapat disimpulkan bahwa kandungan gizi pada telur ayam kampung atau ayam ras sebetulnya tidak jauh berbeda. Dengan kata lain, manfaat telur ayam kampung bagi kesehatan manusia sebetulnya tidak jauh berbeda dibanding telur ayam ras.

Meski demikian, bagi Anda yang suka mengonsumsi telur ayam kampung, tentu tidak ada salahnya melanjutkan pilihan tersebut. Seperti halnya telur pada umumnya, manfaat telur ayam kampung bagi kesehatan pun sangat banyak, Dilansir laman sehatq berikut beberapa di antaranya:

1. Kadar vitamin D tinggi

Telur ayam kampung memiliki kadar vitamin D2-3 kali lebih tinggi dari telur ayam ras. Kandungan ini baik untuk menjaga kesehatan tulang, gigi, saraf, dan otak.

2. Menstabilkan kadar kolesterol dalam darah

Manfaat telur ayam kampung yang satu ini berhubungan dengan kandungan asam omega-3. Omega-3 terbukti mampu menurunkan kadar trigliserida, salah satu komponen jahat pada kolesterol dalam darah Anda.

3. Menurunkan risiko penyakit jantung

Konsumsi telur ayam kampung dapat mengubah struktur kolesterol jahat (LDL) di dalam tubuh. Perubahan struktur ini mampu meminimalisir kemungkinan terkena berbagai penyakit jantung.

4. Menyehatkan mata

Telur ayam kampung juga mengandung antioksidan, yakni lutein dan zeaxanthin. Kedua antioksidan ini dapat menyehatkan mata, terutama mencegah terjadinya katarak dan penyakit mata degeneratif lainnya.

5. Membentuk massa otot

Telur ayam kampung merupakan sumber protein yang baik dan terbukti dapat membantu Anda meningkatkan massa otot. Manfaat telur ayam kampung ini datang dari kandungannya berupa asam amino esensial.

6. Mencegah kanker

Perlu diketahui, kuning telur ayam kampung mentah mengandung asam amino triptofan dan tripsin yang cukup penting bagi tubuh. Tak hanya itu, mengonsumsi bagian kuning telur ayam kampung juga bermanfaat untuk mencegah risiko terjadinya kanker.

7. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan protein yang tinggi pada telur ayam kampung juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama. Bagi Anda yang sedang menjalani program diet, hal ini sangat membantu karena konsumsi protein bisa membuat Anda kenyang lebih lama.

8. Kaya akan kandungan beta karoten

Menurut sebuah studi, telur ayam kampung kaya akan kandungan beta karoten. Beta karoten memang bukan merupakan nutrisi yang memberikan manfaat langsung untuk tubuh. Namun, nutrisi ini akan dikonversi oleh tubuh menjadi vitamin A. 

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar