Manfaat Zucchini Baik untuk Kesehatan Tubuh,

KBRN, PADANG; Manfaat zucchini bisa didapat dari nutrisi yang terkandung. Zucchini adalah sejenis labu kecil yang masih satu keluarga dengan melon dan sebenarnya termasuk ke kelompok buah-buahan.

Zucchini atau zukini adalah sejenis labu yang masih satu keluarga dengan melon dan . Timun Manfaatnya pun tak kalah besar dengan kedua buah tersebut. Ya, meski sering dianggap sebagai sayuran, zucchini sebenarnya tergolong sebagai buah.  Namun, beberapa orang masih menyebutnya “sayur zucchini” karena sering diolah ke dalam masakan daripada dikonsumsi langsung, seperti tomat atau timun.

.Berbagai manfaat zucchini

Hampir semua bagian sayur zucchini dapat dimanfaatkan, baik bagian buah, kulit, dan bijinya. Maka dari itu, sayang jika Anda hanya mengonsumsi buahnya saja. Berikut ini adalah manfaat kesehatan yang bisa Anda peroleh dari zucchini:

1. Membantu mengurangi berat badan

Manfaat zucchini kaya serat sehingga baik untuk menahan rasa lapar  Manfaat zucchini ternyata baik bagi pejuang diet. Kalori di dalamnya sangat rendah sehingga Anda tak perlu takut timbangan akan naik saat mengonsumsinya. Tak hanya itu, serat yang ada dalam zucchini bagus untuk memperlambat pencernaan makanan. Alhasil, perut Anda akan terbantu untuk cepat kenyang.

2. Menjaga kesehatan mata

Sayur zukini mengandung antioksidan bernama lutein yang bagus untuk kesehatan mata.  Sebuah studi terbitan Nutrients mengungkap bahwa mengonsumsi 6 mg lutein setiap harinya dapat menurunkan risiko katarak dan degenerasi makula yang terkait usia. Anda bisa mendapatkan manfaat tersebut jika mengonsumsi lutein dari makanan alami, seperti sayur dan buah-buahan, ataupun suplemen. 

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Menambahkan sayur zucchini ke dalam makanan Anda bisa membantu meningkatkan kesehatan organ jantung. Serat pektin yang ada dalam zucchini diketahui efektif untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau LDL Seperti yang Anda tahu, kadar LDL yang terlalu tinggi bisa meningkatkan risiko penyakit jantung.

4. Menurunkan kadar gula darah

Ternyata, manfaat zucchini adalah alternatif karbohidrat yang lebih sehat daripada nasi putih atau pasta. Anda bisa menyerutnya hingga melingkar-lingkar layaknya spaghetti atau mi. Anda tak perlu takut kekurangan karbohidrat karena per cangkirnya zucchini mengandung 3 gram karbohidrat. Menurut berbagai penelitian, pola makan rendah karbohidrat dapat menurunkan kadar gula darah secara signifikan.  Serat dalam zucchini juga membantu meningkatkan sensitivitas insulin sehingga kadar gula darah bisa lebih stabil.

5. Baik untuk pencernaan

Tingginya kadar air dalam zucchini membuat buah ini bagus untuk pencernaan. Air dapat membantu melembutkan konsistensi tinja sehingga menurunkan risiko konstipasi. Manfaat zucchini yang satu ini memberi makan bakteri-bakteri baik dalam usus. Bakteri-bakteri tersebut akan memproduksi asam lemak rantai pendek yang menyehatkan sel-sel usus Anda.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar