Manfaat Pisang Muli Untuk Kesehatan

KBRN, PADANG; Tanaman pisang (Musa paradisiaca) merupakan salah satu jenis tanaman penghasil buah terbesar di Indonesia. Berdasarkan Data Statistik Departemen Pertanian, produksi pisang di Indonesia pada tahun 2006 mencapai 5,03 juta ton dan volume ekspor mencapai 1,5 juta ton.

Pisang Muli banyak dikenal masyarakat karena rasanya manis, bentuknya kecil dan mudah diperoleh dengan harga yang murah. Pisang Muli memiliki kandungan mineral yang cukup beragam seperti : kalium, magnesium, besi, fosfor, serta kalsium. Vitamin yang terkandung seperti vitamin B, B6 dan C serta mengandung serotonin. Berikut adalah manfaat mengkonsumsi pisang muli yang dapat kami ulas :

1. Memberi supplay mineral yang dibutuhkan tubuh dalam proses metabolisme

Kandungan mineral dalam pisang muli khususnya besi (Fe) hampir 100% dapat diserap oleh tubuh. Bahkan dapat dikatakan bahwa kandungan mineral lain di dalam pisang muli adalah yang terbesar dibanding jenis makanan nabati lain

2. Mengandung betakaroten yang baik untuk kesehatan mata

Pisang muli mengandung provitamin A berupa betakaroten yang diketahui baik untuk menjaga kesehatan dan ketajaman mata.

3. Menjaga keseimbangan air di dalam tubuh

Memiliki kandungan kalium yang cukup tinggi, mengkonsumsi pisang muli dapat menjaga keseimbangan proporsi air di dalam tubuh. 

 4. Menyembuhkan penderita anemia

Mengkonsumsi pisang muli dapat meningkatkan produksi sel darah merah / hemoglobin karena kandungan besi nya yang cukup tinggi.

5. Memberi tenaga untuk berpikir dan menghindari resiko pikun

Kandungan pati yang besar di dalam buah pisang muli dapat menjadi salah satu pensupplai energi di dalam tubuh, sehingga tubuh menjadi lebih bertenaga setelah mengkonsumsi pisang muli.

6. Mengontrol nafsu makan

Bagi mereka yang sedang menjalankan program diet, menghadirkan pisang muli di dalam menu dietnya adalah salah satu alternatif yang baik. Karena pisang memiliki kandungan serat yang cukup tinggi sehingga memberi rasa kenyang yang lebih lama di dalam tubuh. Selain itu juga kandungan karbohidratnya yang rendah dapat menjadi pengganti konsumsi nasi, yang tentu saja hal ini akan sangat berpengaruh pada kesuksesan program diet anda.

7. Menjadi makanan pemula bagi bayi

Pisang muli kerap dijadikan makanan pemula bagi bayi karena kandungan nutrisinya yang lengkap dan tekstur lembutnya yang mudah dicerna bayi.

8. Memperlancar sistem metabolisme

Vitamin B6 yang terkandung dalam pisang muli dapat berperan aktif dalam proses metabolisme protein dan pembentukan serotonin.

9. Memperlancar kerja otak

Meningkatnya hormon serotonin yang dihasilkan dari mengkonsumsi pisang muli dapat berperan aktif sebagai neurotransmitter yang akan meningkatkan sistem kerja otak. Selain itu kebutuhan atau supplai oksigen ke otak juga akan terpenuhi.

Berikut adalah fungsi lain dari mengkonsumsi pisang muli untuk kesehatan :

10. Menghindari penyumbatan pada pembuluh darah

11. Mengurangi potensi terkena stroke

12. Memelihara kesehatan jantung

13. Membantu menjaga tekanan darah

14. Menghilangkan dahak dan menyaringkan suara

15. Membantu perokok yang ingin mengurangi pengaruh nikotin di tubuhnya

16. Menetralkan asam lambung

17. Mengontrol suhu badan untuk ibu hamil

18. Melancarkan pencernaan

19. Menghaluskan kulit

Selain buahnya, tanaman pisang muli juga memiliki banyak manfaat lain seperti salah satunya bonggol pisangnya yang mampu menjadi obat disentri. Serta banyak lagi manfaat lain dari daun, kulit, bunga dan batangnya.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar