Manfaat Labu Parang untuk Maag

KBRN, PADANG; Labu parang merupakan salah satu jenis labu yang paling banyak ditemukan di Indonesia karena sering dibuat campuran sayur bening atau untuk campuran cake dan agar-agar. Rasanya yang enak serta teksturnya yang berserat membuat labu parang menjadi salah satu makanan favorit masyarakat Indonesia. Namun tidak banyak orang tahu tentang manfaat labu parang untuk kesehatan terutama untuk penyakit maag.

Manfaat Labu Parang untuk Maag

Penyakit maag merupakan kondisi dimana terjadi peradangan pada lambung sehingga perut terasa perih dan mulas. Ternyata ada banyak sekali manfaat labu parang untuk maag terutama bagi Anda yang selama ini harus bergantung pada obat maag untuk mengatasi rasa perihnya.

  1. Mengkonsumsi Labu Parang Membantu Mengurangi Peradangan

Banyak penelitian yang mengatakan bahwa mengkonsumsi labu parang secara teratur dapat membantu mengurangi peradangan yang biasanya dialami oleh para penderita penyakit maag. Warna labu yang berwarna kuning cerah merupakan indikasi kuat bahwa buah labu parang kaya akan kandungan betakaroten dan karetenoid. Kedua kandungan tersebut merupakan kandungan alami yang dapat membantu meredakan rasa perih akibat peradangan.

  1. Labu Parang Mengoptimalkan Sistem Metabolisme

Salah satu penyebab penyakit maag adalah ketika sistem metabolisme tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik dimana terjadi ketidakseimbangan antara asambasa atau elektrolit dan air pada tubuh yang dapat menyebabkan naiknya asam lambung. Labu parang mengandung kalium yang dapat membantu mengoptimalkan sistem metabolisme tubuh.

  1. Tinggi Kandungan Antioksidan

Kebanyakan orang menganggap bahwa antioksidan hanya baik untuk mencegah penyakit kronis seperti kanker saja padahal antioksidan pada dasarnya menjadi penangkan alami untuk efek buruk radikal bebas. Radikal bebas sendiri merupakan cikal bakal berbagai macam masalah kesehatan termasuk perdangan yang disebabkan inflamasi. Mengkonsumsi makanan kaya antioksidan juga dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga gejala maag dapat teratasi.

  1. Kaya akan Serat yang Baik untuk Sistem Pencernaan

Karena kaya akan serat labu parang sangat baik untuk sistem pencernaan. Serat yang terdapat pada labu parang akan dapat membantu membersihkan zat-zat yang dapat merugikan kesehatan. Serat akan mengikatnya kemudian akan mengeluarkan dari sistem pencernaan sehingga membantu mengurangi infeksi dan peradangan yang dapat menyebabkan penyakit maag.

  1. Membantu Memenuhi Kebutuhan Asupan Nutrisi Harian

Penyakit maag membuat para penderitanya serba salah karena ketika makanpun bisa sakit apalagi jika tidak makan. Namun pemilihan jenis makananpun sangat penting bagi penderita maag karena mereka tidak bisa sembarangan sementara tubuh membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang. Labu parang mengandung vitamin dan mineral yang dapat membantu memenuhi kebutuhan asupan nutrisi harian.

  1. Mengandung Betakaroten yang Baik untuk Dinding Lambung

Seperti yang sudah disebutkan diatas zat warna kuning pada labu parang merupakan indikasi kuat bahwa buah labu parang mengandung betakaroten. Salah satu fungsi kesehatan betakaroten adalah menjaga kesehatan dinding lambung sehingga dapat mengurangi efek peradangan yang dapat menyebabkan perih di lambung.

  1. Menghambat Pertumbuhan Bakteri Jahat di Sistem Pencernaan

Ternyata berdasarkan penelitian, labu parang juga mengandung beberapa zat aktif yang dapat berfungsi sebagai probiotik. Probiotik sendiri memiliki fungsi untuk membunuh atau menghambat pertumbuhan bakteri jahat yang biasanya terdapat di dalam sistem pencernaan sehingga membuat sistem pencernaan menjadi lebih sehat dan efek buruk penyakit maag bisa diatasi.

  1. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh

Tentunya Anda sudah tahu bahwa labu parang mengandung banyak sekali kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan mulai dari karbohidrat, vitamin C, lemak, protein, betakaroten, vitamin B komplek, mineral seperti zat besi, fosfor, kalsium, kalium dan masih banyak lagi. Labu parang juga mengandung antioksidan yang memberikan perlindungan ekstra pada sistem kekebalan tubuh.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar