Cara Menghilangkan Ngantuk Saat Kerja yang Ampuh

KBRN, PADANG: Cara menghilangkan ngantuk saat kerja di kantor bisa dengan rutin bergerak, minum kopi, minum air putih, makan camilan sehat, hingga tidur siang. Mengetahui cara menahan ngantuk saat bekerja dapat membantu Anda tetap segar dan kembali produktif beraktivitas.

Kurang tidur di malam hari mungkin sering kali membuat Anda mengantuk saat jam kerja berlangsung. Alhasil, Anda jadi susah fokus untuk menyelesaikan pekerjaan. Tak perlu khawatir, ada berbagai cara menghilangkan ngantuk saat kerja yang bisa Anda lakukan agar kembali segar dan produktif.

Cara menghilangkan ngantuk saat kerja yang mudah dilakukan

Banyak orang yang rela mengorbankan jam tidur di malam hari demi melakukan berbagai tuntutan kehidupan. Padahal, istirahat yang kurang dapat menyebabkan rasa kantuk muncul, tak terkecuali saat jam kantor berlangsung. Dilansir laman Sehatq, Untuk mencegahnya, simak berbagai cara menghilangkan ngantuk saat kerja di kantor berikut ini.

1. Jalan kaki sebelum bekerja

Berjalan kaki seraya menghirup udara pagi yang segar dapat membantu Anda tetap terjaga selama jam kerja. Langkah merupakan cara menghilangkan ngantuk di pagi hari saat bekerja yang mudah dilakukan.

2. Luangkan waktu bergerak

Banyaknya pekerjaan yang harus dilakukan serta duduk terlalu lama, tak jarang membuat Anda merasa jenuh dan mengantuk. Untuk itu, Anda disarankan meluangkan waktu untuk bergerak di sela-sela pekerjaan sebagai cara menghilangkan ngantuk saat kerja.

3. Minum kopi

Minum kopi jadi cara menahan ngantuk saat kerja yang umum dilakukan  Minum kopi menjadi cara menahan ngantuk saat bekerja yang paling sering dilakukan banyak orang saat sedang dikejar deadline pekerjaan. Apakah Anda termasuk salah satunya? Kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan aktivitas otak dan sistem saraf sehingga membuat tubuh Anda tetap terjaga.

4. Minum air putih yang cukup

Walaupun minum kopi dapat dijadikan sebagai cara mengatasi ngantuk di kantor, jangan lupa juga untuk minum air putih yang cukup. Tak hanya lebih sehat, mencukupi asupan tubuh dengan air putih dapat membuat Anda tetap segar sepanjang hari. Terlebih, jika Anda terbiasa minum kopi, sebaiknya rutin minum air putih secara berkala saat bekerja agar terhindar dari risiko dehidrasi.

5. Makan camilan sehat

Apa yang Anda konsumsi ternyata sangat berpengaruh terhadap kondisi tubuh, termasuk seberapa mudah Anda merasa ngantuk dan lelah. Nah, mengonsumsi camilan sehat bisa jadi pilihan cara menghilangkan ngantuk saat bekerja di kantor yang ampuh. Makanan atau camilan sehat dapat membantu menjaga kadar gula darah dalam tubuh Anda lebih seimbang daripada mengonsumsi makanan manis.

6. Bekerja di ruangan yang terang

Penyebab ngantuk saat bekerja di kantor bisa jadi karena ruangan kerja yang gelap. Maka dari itu, penting bagi Anda untuk bekerja di ruangan yang terang sebagai cara menghilangkan ngantuk di kantor. Anda dapat bekerja di dekat jendela dengan sinar matahari yang masuk ke ruangan saat bekerja di siang hari.

7. Dengarkan musik yang ceria

Denganrkan musik menggunakan earphone agar tidak ngantuk saat bekerja  Beberapa orang ada yang merasa lebih produktif menyelesaikan pekerjaan kantor sambil mendengarkan musik.

8. Lakukan peregangan

Peregangan atau strefching diyakini mampu menghilangkan ngantuk di kantor. Jika kamu tidak memiliki waktu lama untuk meninggalkan bangku kerja, coba bangun sebentar dari kursi. Kemudian, regangkan tangan di atas kepala. Kemudian, gerakkan leher atau gerakkan badan ke samping kanan dan kiri. Berbagai peregangan tersebut mampu mengendurkan otot-otot tubuh yang tegang dan menjaga aliran darah agar tubuh tetap berenergi.

9. Lakukan teknik pernapasan

Cara menghilangkan ngantuk saat kerja lainnya adalah dengan melakukan teknik pernapasan. Cara agar tidak ngantuk saat bekerja ini bermanfaat untuk meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh. Melakukan teknik pernapasan juga dapat memperlambat detak jantung, menurunkan tekanan darah, dan meningkatkan aliran darah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar