Manfaat Ceri Acerola untuk Kesehatan Tubuh

KBRN, PADANG; Acerola merupakan buah yang tinggi akan vitamin C. Hal ini membuatnya bermanfaat untuk mencegah kerusakan sel, meningkatkan kekebalan tubuh, hingga menjaga kesehatan mulut.

Ceri acerola merupakan buah yang tinggi akan vitamin C. Buah mungil ini bahkan dilaporkan mengandung lebih banyak vitamin C daripada jeruk dan stroberi. Dalam keadaan mentah, acerola berwarna hijau, lalu berubah menjadi kuning dan merah cerah setelah matang. 

Rasanya yang manis dan lezat membuat acerola cherry kerap dikonsumsi langsung atau digunakan sebagai campuran dalam minuman. Berkat kandungan vitamin C-nya yang tinggi, buah ini dinilai cocok untuk dijadikan suplemen.

Manfaat acerola untuk kesehatan

Dilansir laman sehatq, Berikut adalah manfaat acerola untuk kesehatan yang bisa Anda peroleh:

1. Mencegah kerusakan sel

Ceri acerola termasuk buah yang cukup kaya akan antioksidan. Vitamin A dan vitamin C di dalamnya berperan sebagai antioksidan yang dapat membantu mencegah kerusakan sel tubuh akibat radikal bebas dan penyakit tertentu.

Antosianin (senyawa tumbuhan) yang ada di dalamnya juga memiliki efek antiradang sehingga dapat membantu meredakan kondisi kronis dan menyakitkan, misalnya radang sendi.

2. Meningkatkan kekebalan tubuh

Acerola disinyalir dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantunya melawan infeksi, virus, bahkan sel kanker. Sebiah penelitian laboratorium dalam Internaion Joimational tahun 2016, menunjukkan bahwa ceri acerola yang kaya antioksidan dan vitamin C memiliki kemampuan untuk membantu tubuh menghentikan pertumbuhan kanker usus besar. 

3. Mencegah pilek atau flu

Kandungan vitamin C dalam ceri acerola dianggap membantu mencegah pilek atau flu. Vitamin ini dapat meningkatkan kekebalan tubuh untuk melawan infeksi sehingga Anda terlindungi.  Kandungan vitamin C buah ceri acerola bahkan dilaporkan 50-100 kali lebih banyak daripada jeruk dan lemon.

4. Mendukung kesehatan pencernaan

Acerola dapat mendukung fungsi metabolisme dan kesehatan pencernaan dengan mengurangi peradangan sekaligus menyediakan nutrisi penting.  Tak heran, jika dalam pengobatan tradisional, mengonsumsi buah ini dipercaya dapat membantu mengatasi Masalah pencernaan, seperti sakit perut dan diare.

5. Melindungi fungsi kognitif

Kandungan antosianin dan fitonutrien dalam buah acerola dapat membantu mengurangi peradangan dan stres oksidatif yang merusak sel-sel otak dan neuron.  Hal ini bermanfaat untuk melindungi fungsi kognitif dan mencegah kehilangan ingatan hingga usia lanjut sehingga baik untuk Anda konsumsi.

6. Memperbaiki tampilan kulit

Manfaat acerola untuk wajah dapat membantu memudarkan noda hitam dan meningkatkan elastisitas kulit.  Pasalnya, vitamin C yang terkandung di dalam buah ini mampu membangun kolagen yang bertanggung jawab atas kekuatan dan elastisitas kulit.

7. Menjaga kesehatan mulut

Acerola memiliki sifat antimikroba yang dapat membantu mencegah infeksi berkembang di mulut, melawan kerusakan gigi, dan melindungi gusi. Hal ini membuatnya dimanfaatkan sebagai bahan tambahan ke dalam formulasi obat kumur.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar