Adakah Cara Menggurkan Kandungan dengan Paracetamol dan Soda?

KBRN, PADANG: Cara menggugurkan kandungan dengan paracetamol dan soda tidak hanya akan membahayakan janin tapi juga ibu yang mengandung. Dampak metode ini bisa merusak organ otak, ginjal, dan hati. Pada kondisi yang parah bahkan bisa sebabkan kematian.

Hingga saat ini, cara menggugurkan kandungan dengan paracetamol dan soda tidak terbukti berhasil dan aman. Paracetamol, justru termasuk salah satu obat yang masih bisa dikonsumsi ibu hamil selama dosisnya tepat.

Fakta tentang cara menggugurkan kandungan dengan paracetamol dan soda

Paracetamol adalah salah satu obat yang masih aman dikonsumsi ibu hamil, selama dosis dan durasi penggunaannya sesuai aturan. Obat ini biasanya dipakai untuk mengatasi nyeri dan demam.

Meski secara umum obat ini aman digunakan, ada jenis paracetamol yang tidak disarankan untuk dikonsumi ibu hamil. Jenis itu adalah paracetamol yang juga mengandung kafein.

Campuran keduanya bisa meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah, sehingga saat tumbuh besar, ia jadi rentan terkena berbagai macam penyakit. Pada dosis yang berlebih, kafein juga bisa meningkatkan risiko keguguran.

Hal ini lah yang mungkin memicu teori soal cara menggugurkan kandungan dengan paracetamol dan soda. Sebab, minuman tersebut juga merupakan salah satu sumber kafein yang tinggi.

Mengonsumsi keduanya secara bersamaan dalam jumlah berlebih saat sedang hamil, tidak hanya akan berdampak pada janin di dalam kandungan. Ibu yang mengandung, juga akan merasakan gangguan kesehatan yang berbahaya, bahkan kematian.

Menggugurkan kandungan dengan paracetamol dan soda berbahaya bagi ibu

Sejauh ini cara menggugurkan kandungan dengan paracetamol dan soda memang belum pernah terbukti keefektifannya secara medis. Namun yang pasti, mengonsumsi keduanya saat hamil, tidak hanya akan berdampak pada janin tapi juga ibu.

Jika dikonsumsi dalam jumlah sedikit, paracetamol maupun soda tidak akan membahayakan janin. Namun apabila dikonsumsi berlebihan, keduanya bisa memicu berbagai gangguan yang akan dirasakan ibu, seperti:

1. Merusak tulang

Minum soda saat hamil bisa merusak tulang, sehingga Anda akan merasakan sakit punggung terutama saat ukuran janin semakin besar. Perasa buatan yang terdapat di dalam soda mengandung asam fosfat yang dapat memengaruhi kalsium di tulang sehingga bisa membuat tulang rapuh.

2. Meningkatkan tekanan darah hingga ke level yang berbahaya

Mengonsumsi soda berlebihan saat hamil juga bisa memicu naiknya tekanan darah. Kondisi ini bisa sangat berbahaya bagi ibu hamil, karena berpotensi memicu terjadinya preeklampsia yang dapat berlanjut menjadi eklampsia.

Ibu hamil yang mengalami preklamsia, berisiko mengalami kerusakan organ vital seperti otak, darah, hingga ginjal. Apabila kerusakan yang terjadi di organ-organ tersebut tidak segera ditangani, maka bisa berujung pada kondisi kejang yang parah.

3. Kerusakan hati bahkan kematian

Selain soda, mengonsumsi paracetamol secara berlebihan saat hamil juga tidak hanya akan membahayakan janin, tapi juga ibu yang mengandung. Overdosis paracetamol bisa menyebabkan kerusakan hati dan bahkan berujung pada kematian.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar