Manfaat Buah Bit untuk Kesehatan dan Risiko Bahayanya Jika Dikonsumsi Berlebihan

KBRN, PADANG; Buah bit tinggi kandungan nitrat dan pigmen betalain yang membuat manfaat buah bit begitu melimpah. Anda bisa mengonsumsinya sebagai campuran salad maupun dalam bentuk jus.

Buah bit manfaatnya untuk kesehatan tubuh sangat banyak, terutama bagi mereka yang ingin memastikan tekanan darah selalu stabil. Tak heran jika manfaat buah bit sangat melimpah mengingat kandungan vitamin dan mineral yang tinggi di dalamnya.

Manfaat buah bit untuk kesehatan

Popularitas buah bit melejit setelah semakin banyak penelitian yang menegaskan banyaknya manfaat dari buah bit. Semakin sering Anda mengonsumsi buah bit, semakin besar pula kemungkinan terhindar dari penyakit-penyakit seperti diabetes jantung, obesitas, hingga masalah tekanan darah tidak stabil. Berikut ini 8 manfaat buah bit untuk kesehatan:

1. Tekanan darah stabil

Tekanan darah terlalu tinggi atau terlalu rendah selalu menjadi persoalan yang bisa mengganggu aktivitas seseorang. Bukan tidak mungkin tekanan darah tinggi bisa menyebabkan serangan jantung hingga stroke.

2. Sumber energi

Para atlet kerap mengonsumsi buah bit sebagai salah satu sumber energi mereka. Kandungan nitrat dalam buah bit membuat mitokondria, organel sel penghasil energi bisa bekerja semakin efektif. 

Dalam sebuah penelitian dengan responden 8 pria, mereka diminta mengonsumsi 500 ml jus buah bit setiap harinya selama 6 hari. Hasilnya, energi saat melakukan olahraga berintensitas tinggi meningkat hingga 15-25 persen.

3. Meredakan peradangan

Peradangan adalah sumber utama rasa nyeri pada tubuh. Selain itu, peradangan juga bisa berkaitan dengan banyak penyakit seperti gangguan pada jantung, obesitas, penyakit liver  hingga kanker.

Di sisi lain, ada buah bit yang mengandung pigmen betalain. Ini adalah pigmen yang bisa meredakan peradangan. Sebuah penelitian menemukan bahwa seseorang yang menderita peradangan sendi dan mengonsumsi kapsul betalain dari ekstrak buah bit merasakan nyerinya mereda.

4. Meningkatkan kesehatan pencernaan

Satu cangkir buah bit saja mengandung 3,4 gram serat sehingga sangat baik untuk pencernaan. Ketika masuk dalam tubuh, serat akan dicerna hingga sampai ke usus dan berinteraksi dengan bakteri baik di sana.

Untuk mencegah masalah pencernaan seperti konstipasi atau peradangan usus besar, ada baiknya Anda mengonsumsi buah bit secara berkala. Bonusnya lagi, serat juga bisa mengurangi risiko mengalami kanker usus, diabetes, dan penyakit jantung.

5. Membantu kesehatan otak

Ketika seseorang beranjak tua, akan ada penurunan fungsi mental dan kognitif berkaitan dengan otak. Contohnya ketika seseorang menderita demensia. Hal ini bisa terjadi karena suplai oksigen dan aliran darah ke otak mengalami penurunan.

Namun menariknya, kandungan nitrat dalam buah bit lagi-lagi bisa membantu fungsi mental dan kognitif karena melancarkan aliran darah dan oksigen ke otak.

6. Mencegah kanker 

Kanker terjadi ketika ada pertumbuhan abnormal sel-sel dalam tubuh. Namun kandungan antioksidan dan anti-peradangan dalam buah bit terbukti bisa mencegah terjadinya kanker.

Dalam sebuah penelitian, ditemukan bahwa pigmen betalain efektif mengurangi pertumbuhan sel kanker prostat dan kanker payudara. Penelitian seputar manfaat buah bit untuk mencegah kanker terus berkembang hingga saat ini.

7. Menurunkan berat badan

Ingin menurunkan berat badan dengan cara alami? Coba masukkan buah bit dalam menu Anda. Alasan utamanya tentu karena bit adalah buah yang tinggi kandungan air dan rendah kandungan kalorinya.

Meskipun kalorinya rendah, buah bit mengandung protein dan serat. Ini sangat penting untuk membantu Anda mencapai berat badan ideal. Tak hanya itu, buah kaya serat juga bisa membantu menekan nafsu makan karena muncul sensasi rasa kenyang.

8. Mengatasi diabetes

Khasiat buah bit lainnya adalah dapat membantu menurunkan kadar gula darah dan meningkatkan sensitivitas insulin karena tinggi kandungan antioksidan. Oleh sebab itu, buah bit diduga memberikan manfaat untuk mengatasi diabetes.

Sebuah penelitian juga membuktikan bahwa antioksidan dalam buah bit, yaitu asam alfa lipoat, yang dapat mengatasi gejala neuropati diabetes. Namun, untuk dosis konsumsinya masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

9. Mencegah anemia

Buah bit juga mengandung vitamin B9 atau asam folat, potassium, magnesium, dan fosfor yang baik untuk kesehatan. Karena kandungan nutrisi tersebut, khasiat buah bit lainnya adalah dapat membantu mencegah anemia, karena asam folat atau vitamin B9 di dalamnya sangat berperan penting dalam pembentukan sel darah merah.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar