Jangan Dibiarkan Berlarut-larut, Ini Cara Menghilangkan Stres

KBRN, Padang : Stres adalah gangguan yang perlu diatasi segera sebelum masalahnya berkembang menjadi depresi. Maka dari itu, sangat penting untuk mengetahui cara menghilangkan stres agar perasaan khawatir yang ada bisa diredam tetap diambang minimal. Nah, ketahui beberapa cara yang bisa dilakukan di sini!

Beberapa Cara Menghilangkan Stres

Stres adalah respons tubuh terhadap suatu tantangan atau tuntutan kehidupan. Setiap orang dapat mengalami stres akibat hal kecil atau bahkan perubahan besar dalam hidup. Saat stres, tubuh dapat menimbulkan respons berupa peningkatan denyut jantung dan tekanan darah, masalah emosi dan masih banyak lagi. Maka dari itu, masalah ini perlu dihindari.

Lalu, bagaimana cara menghilangkan stres yang tepat untuk dilakukan? Berikut beberapa caranya:

1. Berolahraga Secara Teratur

Salah satu cara untuk menghilangkan stres adalah dengan berolahraga secara rutin. Memang, melakukan aktivitas fisik sudah terbukti mampu meredakan perasaan stres. Beberapa olahraga yang dapat dilakukan antara lain latihan aerobik, angkat beban, hingga yoga. Latihan ini dapat melepaskan endorfin, zat alami yang dapat membuat seseorang lebih bahagia dan berpikir lebih positif.

2. Mempraktikkan Teknik Relaksasi

Cara lainnya untuk menghilangkan perasaan stres adalah dengan meluangkan waktu untuk melakukan teknik relaksasi. Hal ini mampu membantu tubuh dalam mengelola stres dan melindungi tubuh dari efek stres. Beberapa teknik yang dapat dilakukan  seperti pernapasan dalam, relaksasi otot progresif, dan meditasi. Sekarang ini kamu bisa mendapatkan panduan melakukan teknik ini hanya melalui ponsel.

3. Hindari Pemicu Stres

Jika kamu merasa setiap melakukan suatu hal, beban pikiran terus bertambah, maka hal tersebut kemungkinan besar adalah pemicu terjadinya stres. Cobalah untuk mengurangi segala hal yang dapat menjadi pemicu stres agar beban tersebut dapat dihilangkan. Pastikan juga untuk belajar mengatur waktu agar tahu sesuatu yang menjadi prioritas dan sisihkan waktu untuk diri sendiri.

4. Kurangi Penggunaan Gadget

Berbagai alat elektronik seperti smartphone, komputer, dan tablet sudah menjadi bagian dari hidup. Memang penggunaannya diperlukan, tetapi jika terlalu sering atau bahkan ketergantungan dapat meningkatkan stres. Maka dari itu, cara menghilangkan stres adalah dengan membatasi penggunaannya. Terlalu banyak menatap layar gadget dapat meningkatkan perasaan stres dan memengaruhi kualitas tidur. 

5. Kurangi Asupan Kafein

Perlu diketahui jika mengonsumsi kafein terlalu banyak dapat memperburuk perasaan stres dan meningkatkan perasaan cemas. Hal ini juga dapat mengganggu pola tidur yang dapat meningkatkan gejala stres. Maka dari itu, jika merasa konsumsi kafein dapat menimbulkan perasaan gelisah atau cemas, ada baiknya untuk mengurangi konsumsinya. Alangkah lebih baik untuk lebih banyak mengonsumsi air putih.

Itulah beberapa hal yang perlu diketahui terkait cara menghilangkan stres. Terapkan semua cara tersebut agar terhindar dari perasaan stres dan aktivitas dapat dilakukan dengan normal setiap hari. Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa merasakan tubuh lebih sehat secara keseluruhan.

@halodoc

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar