Manfaat Daun Insulin, Tak Hanya Obati Diabetes

KBRN, PADANG:  Tak hanya dipercaya dapat mengobati diabetes, ada beragam manfaat daun insulin lain bagi tubuh. Daun yang bentuknya panjang dan lebar ini diketahui mengandung senyawa aktif yang juga dapat melindugi tubuh dari berbagai penyakit.

Daun insulin merupakan tanaman herba yang berasal dari Amerika Selatan. Daun ini sering kali digunakan dalam metode pengobatan Ayurveda di India dan dipercaya mampu mengobati penyakit diabetes. Kandungan antioksidan dan senyawa aktif di dalamnya pun diketahui dapat mengobati masalah kesehatan lain.

Beragam Manfaat Daun Insulin

Dilansir laman Alodokter, Tak hanya digunakan untuk pengobatan diabetes, daun insulin juga dipercaya memiliki sejumlah manfaat lain untuk kesehatan, yaitu:

1. Melawan infeksi kuman

Selain mencegah kanker, kandungan flavonoid dalam daun insulin juga diduga memiliki efek antiradang dan antimikroba, yang mampu melindungi tubuh dari penyakit yang disebabkan oleh infeksi kuman, seperti bakteri, virus, atau jamur.

2. Melindungi tubuh dari radikal bebas

Senyawa aktif bernama quercetin dan diosgenin dalam daun insulin memiliki efek antioksidan yang berguna untuk mencegah efek buruk dari paparan radikal bebas. Salah satu efeknya adalah tubuh menjadi rentan terkena penyakit kronis, seperti gangguan jantung, tekanan darah tinggi, dan diabetes tipe 2.

3. Memiliki efek diuretik

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa tanaman insulin memiliki efek diuretik seperti obat furosemida. Efek diuretik merupakan proses yang membuat ginjal mengeluarkan garam dan cairan tubuh yang tidak dibutuhkan atau berlebihan melalui urine. Namun, itu artinya konsumsi daun insulin tidak dianjurkan bagi orang yang berisiko mengalami dehidrasi, misalnya penderita diare akut, muntah, dan demam tinggi.

4. Mencegah gangguan jantung

Ekstrak tanaman insulin dipercaya mampu menurunkan kadar kolesterol yang tinggi, sehingga dipercaya dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular, seperti penyakit jantung koroner, serangan jantung, dan stroke.

5. Mencegah kanker

Menurut penelitian, kandungan flavonoid di dalam ekstrak daun insulin juga bersifat antikanker sehingga mampu mencegah berkembangnya penyakit kanker.

Meski ada berbagai kemungkinan manfaat daun insulin untuk kesehatan, tetapi masih diperlukan penelitian lebih lanjut untuk membuktikan efektivitas dan keamanannya. Perlu diingat pula bahwa daun insulin tidak dapat menggantikan pengobatan medis.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar