Tidak Hanya Menghangatkan, Ada Banyak Manfaat Eucalyptus

KBRN, PADANG;  Sama seperti minyak kayu putih, minyak eukaliptus juga sering dimanfaatkan untuk menghangatkan tubuh. Namun, tak hanya sekadar memberikan kehangatan, minyak eukaliptus juga memiliki banyak manfaat lainnya.

Eukaliptus (eucalyptus) merupakan sejenis pohon yang daun dan minyaknya kerap dimanfaatkan sebagai bahan obat-obatan. Meski masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut, eukaliptus sering kali digunakan untuk mengatasi penyakit tertentu, seperti asma, bronkitis, radang gusi, dan kutu rambut.

Beragam Manfaat Eukaliptus bagi Kesehatan

Minyak eukaliptus diperoleh dari proses penyulingan daun eukaliptus. Penggunaan minyak eukaliptus sendiri sangatlah luas, mulai dari produk kesehatan dan perawatan tubuh hingga produk rumah tangga, seperti pengharum ruangan.  Dilansir laman Alodokter, Berikut ini adalah beberapa manfaat minyak eukaliptus:

1. Meredakan batuk, pilek, dan bronkitis

Minyak eukaliptus dapat berfungsi sebagai dekongestan  alami untuk melegakan pernapasan. Selain itu, minyak eukaliptus juga dapat digunakan untuk mengobati batuk, pilek, dan sakit tenggorokan. Anda hanya perlu mengusapkan minyak ini di bagian tubuh tertentu, seperti dada atau leher.

2. Meringankan asma dan sinusitis

Minyak eukaliptus diyakini dapat meringankan keluhan akibat asma, sinusitis, dan beberapa masalah lain pada saluran pernapasan. Minyak ini tidak hanya mengurangi, tetapi juga mencairkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan.

Selain itu, minyak eukaliptus juga mengandung zat yang dapat menekan gejala asma. Namun, penderita asma yang alergi terhadap eukaliptus sebaiknya tidak menggunakan minyak ini tanpa berkonsultasi dulu dengan dokter.

3. Mengurangi nyeri sendi

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minyak eukaliptus dapat meredakan nyeri sendi yang disebabkan oleh osteoarthritis atau rheumatoid arthritis. Hal inilah yang menjadikan eukaliptus sering kali ditambahkan dalam obat pereda nyeri sendi, baik dalam bentuk krim atau salep.

4. Mengatasi bau mulut dan mengurangi plak gigi

Minyak eukaliptus mengandung zat yang bersifat antibakteri, sehingga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi bau mulut yang banyak disebabkan oleh kuman. Selain itu, sifat antibakteri dalam eukaliptus juga dapat mengurangi pembentukan plak sehingga mencegah kerusakan gigi. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan produk obat kumur dan pasta gigi yang mengandung eukaliptus untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

5. Meredakan sakit kepala

Minyak eukaliptus mungkin tidak dapat menyembuhkan sakit kepala. Namun, minyak alami ini dapat meredakan nyeri dan memberikan efek relaksasi pada penderita sakit kepala.

6. Menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala

Minyak eukaliptus juga sering kali ditambahkan dalam produk perawatan rambut, seperti sampo dan kondisioner. Produk sampo yang mengandung minyak eukaliptus dapat membersihkan minyak dan kotoran yang menempel di kulit kepala, sehingga rambut terlihat bersih, tidak lepek, sehat, dan berkilau.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar