Manfaat Air Lemon Hangat di Pagi Hari

KBRN, PADANG; Jika selama ini Anda hanya minum teh atau kopi di pagi hari, kini Anda dapat mempertimbangkan minum air lemon hangat. Pasalnya, ada beragam manfaat minum air lemon hangat di pagi hari, termasuk untuk menyegarkan napas.  

Buah lemon kaya akan vitamin C. Buah berwarna kuning cerah ini juga mengandung banyak zat kimia alami, seperti polifenol, flavonoid, terpenoid, dan karotenoid, yang sangat baik untuk kesehatan.

Manfaat Air Lemon Hangat di Pagi Hari

Selain menyegarkan napas, Di lansir laman Alodokter, ada beberapa manfaat lain dari air lemon hangat yang bisa Anda rasakan setelah mengonsumsinya di pagi hari, yaitu:

1. Menurunkan berat badan

Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa zat polifenol dalam buah lemon dapat membantu menurunkan berat badan. Bagi Anda yang merasa memiliki berat badan berlebih dan ingin mencoba menggunakan   lemon untuk diet, cobalah memasukkan lemon yang dicampurkan dengan air hangat ke dalam daftar menu program diet Anda.

2. Mengurangi kerutan pada kulit

Minum air lemon hangat di pagi hari baik untuk kulit, karena dipercaya dapat menjaga kelembapan kulit, membantu kulit terlihat segar, dan mengurangi kerutan atau keriput . Manfaat ini didukung oleh kandungan vitamin C yang sangat tinggi pada buah lemon.

3. Mencegah sembelit

Minum air lemon hangat di pagi hari segera setelah bangun tidur dapat membantu melancarkan pencernaan, sehingga mencegah sembelit. Menurut pengobatan Ayurveda, rasa asam lemon mampu meningkatkan kinerja sistem pencernaan.

4. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat lainnya dari minum air lemon hangat di pagi hari adalah meningkatkan daya tubuh Anda. Hal ini tidak lain karena lemon sangat kaya akan antioksidan, yaitu vitamin C dan bioflavonoid, yang mampu menangkal radikal bebas.

5. Mencegah batu ginjal

Tidak hanya dikenal dengan kandungan vitamin C yang tinggi, air lemon juga mengandung asam sitrat yang diyakini dapat mencegah batu ginjal. Konsumsi air lemon juga bisa mencegah dehidrasi yang menjadi penyebab umum terbentuknya batu ginjal.

6. Mencegah penyakit kardiovaskular dan stroke

Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon dapat mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular dan stroke, serta menurunkan tekanan darah. Akan tetapi, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut mengenai hal ini.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar