Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan Tubuh

KBRN, PADANG; Rumput mutiara merupakan jenis tumbuhan liar yang keberadaannya sering kali diabaikan, bahkan dianggap sebagai tanaman pengganggu. Namun, setelah diketahui beragam potensi manfaat rumput mutiara untuk kesehatan, tanaman ini menjadi populer hingga akhirnya dicari banyak orang.

Rumput mutiara (Hedyotis corymbosa) adalah salah satu jenis tanaman yang berasal dari keluarga Rubiaceae. Rumput ini umumnya tumbuh subur di tanah yang lembap, seperti di pinggir sungai atau selokan.

Di beberapa negara, seperti India dan Cina, tanaman ini telah digunakan sebagai salah satu obat herbal. Belakangan ini, rumput mutiara banyak menjadi sorotan karena diklaim bermanfaat untuk mencegah dan mengobati kanker.

Berbagai Manfaat Rumput Mutiara untuk Kesehatan

Dilansir laman Alodkter, Sejumlah riset sejauh ini menunjukkan bahwa ada beberapa manfaat rumput mutiara yang baik untuk kesehatan, antara lain:

1. Menangkal radikal bebas

Rumput mutiara diketahui mengandung banyak senyawa bioaktif yang memiliki sifat antioksidan, mulai dari fenol, saponin, tanin, flavonoid, hingga terpenoid. Hal ini menjadikan rumput mutiara baik dikonsumsi untuk mencegah dan memperbaiki kerusakan sel-sel tubuh akibat paparan radikal bebas.

Paparan radikal bebas berlebih merupakan salah satu faktor yang dapat meningkatkan risiko terjadinya berbagai penyakit, seperti diabetes, kanker, dan penyakit kardiovaskular. Radikal bebas juga dapat membuat tubuh menjadi lebih cepat mengalami penuaan.

2. Meningkatkan imunitas tubuh

Rumput Mutiara juga diketahui bermanfaat untuk mendukung daya tahan tubuh agar tetap kuat. Sistem imunitas tubuh yang kuat berperan penting dalam melawan berbagai bakteri dan virus penyebab infeksi, sehingga tubuh akan jarang sakit.

3. Menjaga kesehatan dan fungsi otak

Riset menunjukkan bahwa rumput mutiara memiliki sifat antioksidan yang kuat dan efek antiradang. Efek tersebut menjadikan rumput mutiara baik dikonsumsi untuk memelihara fungsi dan kesehatan otak. Orang yang rutin mengonsumsi makanan sehat ditambah suplemen tertentu, termasuk rumput mutiara, disebut memiliki daya ingat yang lebih baik dan berisiko lebih rendah untuk mengalami pikun atau demensia serta depresi.

4. Memelihara kesehatan organ hati

Tak hanya baik untuk otak, kandungan senyawa yang bersifat antioksidan dan antiradang pada rumput mutiara juga diketahui baik untuk kesehatan dan fungsi hati. Riset menunjukkan bahwa tanaman herbal ini dapat mengurangi peradangan di hati dan mencegah kerusakan hati.

Namun, untuk mendapatkan manfaat tersebut, Anda tidak bisa hanya mengandalkan rumput mutiara. Agar hati tetap sehat, Anda juga perlu melakukan cara lain, seperti menjauhi minuman beralkohol, rokok, dan narkoba, rutin berolahraga, mendapatkan imunisasi hepatitis A dan hepatitis B, serta mempraktikkan hubungan seks aman.

5. Menghambat pertumbuhan sel kanker

Rumput mutiara diketahui mengandung banyak senyawa yang memiliki sifat antioksidan dan antikanker, seperti asam ursolat dan asam uleanolat. Riset di laboratorium menunjukkan bahwa ekstrak rumput mutiara dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Namun, hingga kini belum ada riset yang dapat membuktikan bahwa rumput mutiara bermanfaat sebagai obat kanker layaknya kemoterapi.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar