Deretan Nutrisi dan Manfaat Arugula untuk Kesehatan Tubuh

KBRN, PADANG: Arugula mungkin masih terdengar asing di telinga masyarakat Indonesia. Padahal, manfaat arugula bagi kesehatan tidaklah sedikit. Sayuran ini mengandung beragam nutrisi yang baik untuk memperkuat sistem kekebalan tubuh dan melancarkan sistem pencernaan.

Meski belum terlalu populer, daun arugula sudah lama dikenal oleh para penggemar salad. Tak hanya disantap secara langsung sebagai lalapan atau bahan pelengkap salad, daun arugula juga dapat diolah menjadi bahan topping untuk pizza. Saat ini, daun arugula juga sudah mulai dibudidayakan di Indonesia.

Berbagai Manfaat Arugula untuk Kesehatan

Dilansir laman Alodokter, Berkat kandungan nutrisinya yang cukup beragam, ada banyak manfaat arugula yang bisa diperoleh jika Anda rutin mengonsumsinya, antara lain:

1. Menjaga kekuatan dan kesehatan tulang

Konsumsi arugula secara rutin baik untuk memelihara kekuatan dan kesehatan tulang. Hal ini dikarenakan arugula mengandung kalsium, protein, antioksidan dan vitamin K yang berfungsi untuk meningkatkan kekuatan tulang. Dengan tercukupinya asupan nutrisi tersebut, risiko Anda untuk terkena osteoporosis  pun bisa berkurang.

2. Memelihara kesehatan dan fungsi jantung

Sayuran hijau, termasuk daun arugula, memiliki kandungan serat dan antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan tersebut baik untuk mencegah terjadinya penumpukan kolesterol di pembuluh darah (aterosklerosis) yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

Selain itu, kandungan kalium pada arugula juga baik untuk mengontrol tekanan darah sehingga dapat mencegah terjadinya hipertensi. Inilah sebabnya mengapa arugula dapat dimanfaatkan sebagai salah satu pilihan makanan yang sehat untuk jantung.

3. Memperkuat sistem imunitas tubuh

Sistem kekebalan atau imunitas tubuh yang kuat berperan penting dalam melawan infeksi virus dan bakteri penyebab penyakit infeksi, termasuk Covid-19. Di masa pandemi seperti sekarang ini, Anda perlu selalu menjaga daya tahan tubuh agar tetap kuat.

Untuk memperkuat sistem imunitas tubuh, Anda perlu mencukupi asupan nutrisi, seperti vitamin C, vitamin A, protein, zat besi, zinc, dan antioksidan. Kandungan nutrisi tersebut dapat Anda peroleh dari aneka makanan sehat dan salah satunya adalah arugula.

4. Menjaga kesehatan ibu hamil dan janin

Bagi wanita yang sedang mengandung atau sedang merencanakan kehamilan, arugula juga baik untuk dikonsumsi. Hal ini dikarenakan arugula mengandung folat , kolin, serta protein dan zat besi yang baik untuk pertumbuhan dan kesehatan janin.

5. Melancarkan pencernaan

Arugula merupakan salah satu jenis sayuran yang banyak mengandung air dan serat pangan. Kandungan tersebut baik untuk menjaga pencernaan agar tetap lancar dan mencegah sembelit. Agar lebih sehat, Anda juga disarankan untuk melengkapi asupan serat dengan mengonsumsi sayuran jenis lainnya, buah-buahan, kacang, dan biji-bijian.

6. Mengontrol gula darah

Arugula mengandung antioksidan, serat, dan karbohidrat kompleks yang baik untuk menjaga kadar gula darah tetap stabil. Tak hanya itu, arugula juga termasuk golongan makanan dengan indeks glikemik yang rendah. Hal ini berarti arugula tidak menyebabkan peningkatan gula darah secara drastis.

Gula darah yang tinggi dan tidak terkontrol, lama-kelamaan bisa meningkatkan risiko terjadinya resistensi insulin dan diabetes tipe 2. Oleh karena itu, untuk mengurangi risiko tersebut, Anda disarankan untuk mulai mengonsumsi makanan sehat seperti arugula.

7. Menjaga berat badan

Bagi Anda yang sedang diet, cobalah lebih banyak mengonsumsi arugula. Sayuran ini mengandung kalori yang sangat rendah, sehingga baik untuk mencegah peningkatan berat badan. Walau rendah kalori, sayuran ini padat nutrisi sehingga penting untuk mencukupi kebutuhan nutrisi saat diet.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar