Waspadai Berbagai Dampak Kurang Tidur pada Kesehatan

KBRN, Padang :  Gaya hidup, kebiasaan tidak sehat, hingga banyaknya aktivitas yang perlu dilakukan menjadi faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami kurang tidur. Padahal, dampak kebiasaan kurang tidur sangat berbahaya sehingga sebaiknya dihentikan. 

Bukan hanya rasa kantuk  berlebihan pada siang hari, kurang tidur bisa menyebabkan berbagai gangguan pada fisik maupun mental. Jadi, sebaiknya cari tahu berbagai cara sederhana yang bisa membuat kamu mendapatkan tidur yang berkualitas pada malam hari melalui ulasan berikut ini!

Dampak Kurang Tidur pada Kesehatan yang Perlu Diwaspadai

Ada berbagai faktor yang dapat menyebabkan seseorang mengalami kurang tidur, seperti kebiasaan tidur yang buruk, kondisi stres dan gangguan cemas, gaya hidup, hingga adanya riwayat penyakit tertentu.

Sebaiknya segera atasi kondisi ini karena kurang tidur dapat menurunkan kualitas tidur yang bisa menyebabkan beberapa dampak pada kesehatan. Berikut ini gangguan kesehatan yang mungkin terjadi jika kamu mengalami kekurangan tidur dalam waktu yang cukup lama:

1. Obesitas

Ada banyak alasan mengapa seseorang mengalami kenaikan berat badan, salah satunya adalah kurang tidur. Kebiasaan kurang tidur nyatanya berkaitan langsung dengan peningkatan rasa lapar dan nafsu makan. Sebuah penelitian di tahun 2004 mengatakan bahwa orang yang tidur kurang dari enam jam berisiko 30 persen menjadi lebih gemuk dibandingkan mereka yang tidur 7 hingga 9 jam.

Saat kamu kekurangan tidur, hal ini meningkatkan ghrelin sehingga rasa lapar juga akan meningkat. Selain itu, leptin yang memberikan sinyal rasa kenyang pada otak akan menurun. Inilah yang membuat kamu terus merasa lapar ketika kekurangan tidur. Hasilnya, berat badan bisa saja meningkat akibat porsi makan yang berlebihan.

2. Depresi

Kurang tidur dapat memicu kamu mengalami perubahan suasana hati, menjadi lebih emosional, hingga lebih mudah tersinggung. Jika kebiasaan ini tidak diperbaiki, bukan tidak mungkin kamu bisa mengalami depresi hingga gangguan kecemasan akibat kekurangan tidur dalam waktu yang cukup lama.

3. Diabetes

Jika kamu memiliki riwayat keluarga atau kesehatan dengan penyakit diabetes sebaiknya pastikan kamu memenuhi kebutuhan tidur dengan baik. Pasalnya, kekurangan tidur dapat menyebabkan gangguan produksi insulin dalam tubuh yang berisiko meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh.

Selain memenuhi kebutuhan tidur, sebaiknya pastikan kamu rutin berolahraga dan menjalani diet sehat diabetes agar penyakit yang kamu alami tidak semakin memburuk.

4. Kemampuan Fokus Menurun

Jika kamu kekurangan waktu tidur, kemampuan untuk fokus dan kreativitas dapat menurun. Jadi, sebaiknya perhatikan waktu tidur yang kamu miliki saat ini. Semakin terpenuhi waktu tidur, maka akan semakin baik untuk kemampuan dalam berpikir.

5. Gangguan Jantung

Kurang tidur berisiko menyebabkan tekanan darah tinggi yang bisa memicu gangguan jantung. Selain memenuhi kebutuhan tidur, pastikan kamu mengonsumsi makanan sehat dan mengurangi pengonsumsian makanan berlemak agar terhindar dari gangguan jantung.

Itulah dampak kurang tidur bagi kesehatan, jadi mulailah untuk mengubah kebiasaan tidur agar kondisi kesehatan dapat terjaga dengan baik. Pastikan juga supaya kamar bersih dan nyaman agar kualitas tidur kamu terjaga dengan baik.

@HALODOC

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar