Manfaat Asam Jawa yang Tidak Seasam Rasanya

KBRN, PADANG: Meski rasanya sedikit asam, tanaman asam jawa dipercaya memiliki banyak manfaat yang sayang jika dilewatkan. Berkat kandungan nutrisi di dalamnya, asam jawa banyak digunakan untuk mencegah dan mengatasi berbagai masalah kesehatan.

Asam jawa (Tamarindus indica) merupakan salah satu tanaman tropis yang berasal dari India. Tanaman ini berbentuk pohon dan menghasilkan buah yang bisa dimakan serta digunakan sebagai bahan masakan dan racikan minuman.

Sejumlah manfaat asam jawa untuk kesehatan bisa diperoleh berkat kandungan nutrisi di dalamnya, yaitu vitamin B, vitamin C, vitamin K, asam amino, serta berbagai mineral, seperti kalsium, kalium, magnesium, selenium, dan zat besi.

Mengenali Manfaat Asam Jawa

Selain sebagai bahan dasar makanan dan minuman, asam jawa juga kerap digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Berikut ini adalah beberapa manfaat asam jawa bagi kesehatan:

1. Mengobati mata kering

Ekstrak biji asam jawa diduga bisa dimanfaatkan sebagai obat tetes mata untuk meredakan gejala mata kering. Menurut sejumlah penelitian, biji asam jawa mengandung zat yang mirip dengan cairan untuk melapisi permukaan bola mata dan melindungi permukaan kornea mata.

2. Mengatasi konstipasi

Kandungan asam tartarat, asam malat, dan kalium pada asam jawa dipercaya memiliki efek pencahar atau laksatif untuk melancarkan buang air besar dan mengatasi kontipasi. Selain itu, asam jawa juga diduga dapat mengatasi beragam masalah pencernaan lain, seperti infeksi cacing di usus, gangguan fungsi hati dan empedu, serta gejala mual pada kehamilan. Namun, penelitian lebih jauh diperlukan untuk mengetahui efektivitas dan keamanannya bagi tubuh.

3. Menjaga kesehatan jantung

Sejumlah penelitian menyatakan bahwa kandungan flavonoid di dalam asam jawa juga bisa meningkatkan kesehatan jantung. Hal ini karena flavonoid memiliki sifat antioksidan yang berperan dalam menurunkan tekanan darah tinggi dan kolesterol tinggi. Kedua kondisi ini diketahui dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

4. Mencegah kanker

Selain menjaga kesehatan jantung, antioksidan dalam asam jawa turut berperan dalam mencegah penyakit kanker. Manfaat ini diduga berasal dari kandungan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas dan menghambat pertumbuhan sel kanker.

Di samping beragam manfaat asam jawa yang telah disebutkan di atas, buah ini juga memiliki khasiat lain yang diketahui baik untuk kesehatan tubuh, seperti mengontrol kadar gula darah, mengatasi obesitas, dan mencegah beragam infeksi bakteri di saluran pencernaan.

Reaksi anda terhadap berita ini :

Komentar